Berbagai Pihak Dukung Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

ACT resmi mendeklaarasikan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Berbagai pihak pun siap menggaungkan dan merealisasikan gerakan ini demi membantu urusan pangan masyarakat Indonesia di tengah pandemi.

Berbagai Pihak Dukung Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan' photo
Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin sedang menunjukkan Air Minum Wakaf yang dipajang di rak sedekah pangan yang menjadi contoh saat peluncuran Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, Kamis (6/8). (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) resmi diluncurkan pada Kamis (6/8) siang. Gerakan yang diharapkan mampu dilakukan oleh semua pihak seantero Nusantara ini diresmikan langsung oleh Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin dan disaksikan para tamu undangan, di antaranya perwakilan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat hingga mitra ACT yang siap ikut dalam gerakan nasional ini.

Sharmila, Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia, sangat mengapresiasi dengan adanya Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Perempuan yang juga mengurus komunitas 10 ribu warung yang tersebar di Jabodetabek ini akan mengerahkan warung-warung tersebut untuk menjadi titik rak sedekah pangan. Lewat warung-warung tersebut, Sharmila berharap, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan dapat terealisasi di tengah masyarakat. “Harapannya, gerakan ini bisa menjadi solusi dan kemajuan bangsa untuk kemandirian pangan di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya, Kamis (6/8).

Gerakan yang diinisiasi ACT ini nantinya bisa dilakukan oleh semua elemen masyarakat, tak terbatas wilayah, suku, agama hingga lembaga. Hadirnya gerakan tersebut dengan harapan bisa mengatasi berbagai permasalahan, khususnya pangan di tengah pandemi Covid-19, ancaman kekeringan dan bencana lainnya, resesi hingga agenda politik yang berdampak buruk pada keadaan masyarakat.

Dukungan serupa juga datang dari Erwin, pengusaha yang juga relawan dan mitra dari ACT Bogor. Ia mengatakan bakal mendukung penuh gerakan kebaikan ini. Pasalnya, yang diuntungkan bukanlah penerima manfaat saja, tapi juga mereka para dermawan akan ikut bahagia saat orang lain yang dibantunya bisa merasakan bahagia. “Memang, gerakan nasional ini perlu digaungkan secara luas, tujuannya untuk terus memperbaikan gerakan kebaikan di tengah adanya pandemi ini. Dengan saling membantu, semua kesulitan akan terasa mudah dihadapi,” kata Erwin yang sudah sejak lama ikut terlibat dalam aksi-aksi kebaikan ACT.

Lumbung Sedekah Pangan ACT hadirkan sebagai sebuah solusi permasalahan pangan di tengah hadirnya pandemi yang tak kunjung mereda. Nantinya, setiap orang bisa menjadi dermawan dengan mengisi rak sedekah yang telah siap di berbagai lokasi. Pangan menjadi barang utama sedekah. Setelah itu, setiap orang yang membutuhkan bisa mengambil pangan tersebut secukupnya secara gratis.

Presiden Aksi Cepat Tanggap Ibnu Khajar mengajak seluruh pihak untuk bisa ikut terlibat dan menggaungkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Hal tersebut karena, gerakan ini bukanlah milik ACT sendiri, melainkan milik masyarakat Indonesia untuk saling membantu sesama dalam menghadapi permasalahan pangan di tengah pandemi. “Pangan menjadi permasalahan pokok di tengah resesi yang tengah menjadi ancaman besar. Saling membantu dalam urusan pangan menjadi solusi untuk melewati ujian ini,” jelas Ibnu.[]


Bagikan