Berbagi Hidangan Iftar untuk Warga Terdampak Gempa Lombok

ACT dan JNE berkolaborasi sajikan paket iftar untuk penyintas gempa di Lombok Utara dan Lombok Barat.

ACTNews, LOMBOK - Memasuki pekan keempat Ramadan, ACT Nusa Tenggara Barat bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terus menebarkan ratusan paket berbuka puasa di seantero NTB. Beberapa di antaranya adalah lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat. Kegiatan berbagi paket iftar yang dilakukan setiap hari ini terlaksana atas kerja sama antara ACT dan berbagai mitra.

Senin (27/5), ACT NTB dan JNE Cabang Utama Mataram membagikan 100 paket berbuka puasa di lokasi terdampak gempa, yakni Desa Dopang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Saat itu, sudah kelima kalinya ACT dan MI membagikan paket iftar di Desa Dopang.

Masyarakat setempat amat bersyukur dengan kehadiran tim ACT yang senantiasa membawa paket berbuka puasa untuk mereka. Salah satunya adalah Kurniati. Ia merasa terbantu dan senang tiap kali mendapatkan paket iftar. “Semoga para donatur diberikan keberkahan,” ungkap Kurniati.

Kolaborasi kemanusiaan antara ACT dan JNe bukanlah yang pertama kalinya. Kolaborasi ini sudah berlangsung sejak Lombok memasuki fase pemulihan pascabencana gempa setahun silam.


M. Adi Saputra selaku Deputi Brand Manager JNE Cabang Utama Mataram mengatakan, pihaknya  akan terus membersamai warga Lombok hingga pulih seutuhnya. “Ini adalah bentuk komitmen kami dan kami akan berusaha memberikan bantuan dalam bentuk apapun. Mungkin seratus paket berbuka puasa bukanlah jumlah yang banyak, akan tetapi ini merupakan perwujudan rasa peduli kami terhadap sesama,” terang Adi.

Ashri sebagai koordinator program paket berbuka puasa menjelaskan, hampir semua wilayah prasejahtera menjadi sasaran pembagian paket berbuka puasa. Di pekan pertama Ramadan saja, sekitar 3.000 paket iftar dibagikan.

Selain program paket berbuka puasa, ACT juga membagikan paket pangan atau paket sembako selama bulan Ramadan. Bantuan ini menyasar penyintas gempa yang tinggal di Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Center (IHC) di Kecamatan Gangga serta warga Desa Guntur Macan di Kecamata Gunung Sari. Setidaknya ada 1.000 paket pangan yang diberikan kepada warga di dua lokasi tersebut. Hal ini disampaikan oleh M. Romi Saefudin dari Tim Program ACT NTB.

“Insyaallah, kami juga akan memberangkatkan Kapal Ramadhan pada H-5 Lebaran. Lokasi pendistribusian bantuan pangan rencananya di Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Selain itu kami juga akan menggelar pelayanan kesehatan untuk warga setempat. Mohon doanya, semoga ikhtiar kami dapat berjalan lancar,” imbuh Romi. []