Berbagi Makan Gratis dengan Food Van di Kota Medan

Berbagi Makan Gratis dengan Food Van di Kota Medan

ACTNews, MEDAN – Hujan tak menutup pintu untuk berbuat kebaikan, seperti yang dilakukan oleh segenap punggawa Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara. Walau Jumat kemarin (23/11) seluruh Kota Medan diguyur hujan yang cukup deras, semangat untuk berbagi tak luntur. Hari itu, sudah direncanakan untuk berbagi makanan gratis dengan menggunakan armada Food Van ACT Sumut.

Setiap pekannya, Food Van ACT Sumut memang terus berkeliling ke seantero Kota Medan, bahkan melintas Provinsi Sumut dengan satu tujuan, meluaskan semangat untuk berbagi makanan gratis.

Berulang tiap pekan di hari Jumat, paket makanan gratis yang disiapkan di Food Van ACT Sumut merupakan kerjasama berbagai kemitraan. Ronio Romantika Kepala Cabang ACT Sumut mengatakan, kolaborasi kebaikan Jumat (23/11) kemarin datang dari Mi Ayam Mahmud, Bakso Amat, Bika Ambon Zulaikha, dan Sahabat Jumat Berkah.

“Seperti Mi Ayam Mahmud dan Bakso Amat, di warung mereka diletakkan kotak donasi untuk pelanggan yang makan di warung. Jadi siapa pun pelanggannya bisa ikut urun donasi untuk program tersebut,” papar Ronio.

Lebih lanjut, Ronio menjelaskan, nantinya donasi yang terkumpul akan dibelikan kembali ratusan porsi makanan, untuk dijadikan paket makan gratis.

Hendri, pemilik warung makan Mi Ayam Mahmud mengatakan, target penerima manfaat program ini adalah masyarakat pra-sejahtera. “Saya ingin sekali semua karyawan di Mi Ayam Mahmud bisa terlibat dalam program setiap pekan ini. Melanjutkan upaya kebaikan setiap hari Jumat,” ujarnya.  

Aksi Layanan Makan Gratis Food Van ACT di pekan-pekan sebelumnya selalu berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. “Targetnya adalah masjid-masjid di daerah pra-sejahtera atau di masjid dengan jemaah yang salat banyak tukang becak, pekerja bangunan, pengemudi ojek online. Tidak hanya itu, kami juga bawa mobil Food Van ACT Sumut ini ke beberapa rumah sakit dengan target penerima manfaat keluarga pasien kelas III,” jelas Ronio. 

Jumat (23/11) kemarin, total sebanyak 280 nasi kotak distribusikan di Masjid Al Insan Helvetia dan Masjid Nurul Muslimin Jl. Juanda di Kota Medan.

Lokasi distribusi makanan gratis di Masjid Nurul Muslimin tepat berada di seberang warung Bakso Amat.  Budi pemilik bakso amat menuturkan, beliau ingin lokasi makan gratis di dekat tempat usahanya. “Semoga usaha saya ini bisa membawa keberkahan untuk masyarakat sekitar,” ujar Budi. 

Raj, salah satu penerima manfaat Layanan Makan Gratis Food Van ACT mengatakan, berbagi makan siang gratis adalah hal paling sederhana untuk berbuat kebaikan.

"Harapan kami aksi ini berkelanjutan. Kami sangat mengapresiasi ACT dengan program makan gratis, sederhana tapi terasa betul manfaatnya. ACT mantap dan bagus,” ujar Raj sembari menyantap sekotak nasi gratis, seusai hujan deras selepas salat Jumat. []