Berbagi Syukur Bersama Forum Sahabat Guru Indonesia

Hari Guru Nasional dirayakan berbeda oleh guru yang tergabung di dalam Forum Sahabat Guru Indonesia. Mereka melakukan perjalanan berjam-jam dari Kota Bogor menuju Desa Cileuksa guna bertemu dengan sesama pejuang pendidikan yang mengabdi di tengah keterbatasan.

Berbagi Syukur Bersama Forum Sahabat Guru Indonesia' photo
Pertemuan Forum Sahabat Guru Indonesia dengan guru honorer di Desa Cileuksa, Ahad (29/11). Cileuksa sendiri merupakan salah satu desa yang berada di pedalaman Bogor dengan berbagai kekurangan fasilitas pendidikan. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Puluhan guru tampak bersemangat selama perjalanan dari Kota Bogor menuju Blok Cipandawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Ahad (29/11) kemarin. Ini merupakan kunjungan pertama mereka ke area relokasi Kampung Rancanangka yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor awal tahun lalu. Jalan yang berkelok, naik-turun, berbatasan dengan jurang dan tebing serta diguyur hujan tak menyurutkan niat mereka ke Cipandawa. Ada tujuan mulia yang sedang mereka ingin wujudkan, ialah bersilaturahmi dengan guru honorer yang ada di Cileuksa.

Setiba di Cipandawa, guru yang mengajar di MI Al-Hidayah, satu-satunya sekolah tingkat dasar di Cipandawa, menyambut mereka. Ini merupakan pertemuan bak saudara yang telah lama tak berjumpa. Padahal ini merupakan pertemuan pertama mereka. Saling cerita tentang pendidikan menjadi obrolan sepanjang pertemuan.

Mereka merupakan guru yang tergabung dalam Forum Sahabat Guru Indonesia. Forum ini berisikan guru-guru penerima manfaat program Sahabat Guru Indonesia dari Global Zakat-ACT. Berawal dari kebaikan zakat yang tersalurkan, hingga akhirnya kebaikan lain hadir, bahkan meluas yang diinisiasi secara mendiri oleh guru-guru honorer dan prasejahtera yang mendapatkan pendampingan dari Global Zakat-ACT.

Di Cipandawa, Forum Sahabat Guru Indonesia mengadakan pertemuan dengan guru honorer di-Cileuksa serta menyerahkan paket pangan, sebagai ungkapan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama. Mereka berkumpul di MI Al Hidayah. Di sana, guru-guru diajak berbagi pengalamannya selama mengajar di era pandemi hingga adaptasi kebisaan baru seperti sekarang.

“Pada dasarnya, guru di Cileuksa mengalami kendala dan pengalaman yang tidak jauh berbeda. Khususnya terkait fasilitas pembelajaran jarak jauh. Boro-boro untuk belajar pakai HP canggih, untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga saja masih sulit. Giliran ada HP, sinyalnya enggak ada,” ungkap Ade Muqodas, guru dari Kampung Cipadu, Desa Cileuksa yang mengungkapkan pengalaman mengajarnya selama pandemi ke guru-guru Forum Sahabat Guru Indonesia.


Foto yang diambil dari depan MI Al-Hidayah, Cileuksa. Sekolah ini menghadap langsung ke Blok Cipandawa yang merupakan area relokasi warga korban longsor Kampung Rancanangka, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Bogor. (ACTNews/Eko Ramdani)

Desa Cileuksa sendiri merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa ini sempat menjadi perhatian di awal tahun 2020 karena bencana alam yang cukup besar dan membuat beberapa perkampungan terisolir. Kini, kehidupan warga berangsur pulih, akan tetapi tetap saja belum ada kemajuan pesat dalam beberapa aspek, termasuk sarana pendidikan.

Khisnul Khasanah dari Tim Program Global Zakat-ACT Bogor mengatakan, aksi Forum Sahabat Guru Indonesia di Cipandawa ini didukung oleh Global Zakat. Bahkan, aksi ini bukanlah yang pertama. Beberapa bulan lalu, forum yang diisi oleh guru honorer se-Bogor Raya ini juga menggelar bakti sosial untuk yatim di wilayah Tenjolaya.

“Ke depannya, aksi-aksi kebaikan lain akan lahir dari Forum Sahabat Guru Indonesia. Dan, Global Zakat akan terus mendukung kegiatan baik ini,” ungkap Khisnul, Ahad (29/11).

Forum Sahabat Guru Indonesia lahir dari program Sahabat Guru Indonesia yang memberikan bantuan biaya hidup bagi guru honorer dan prasejahtera di seluruh Indonesia. Program yang telah berjalan 1 tahun ini telah memberikan biaya hidup, paket pangan, hingga pendampingan ke ribuan guru. Program kebaikan tersebut merupakan wujud nyata dari dana zakat masyarakat yang disalurkan melalui Global Zakat.[]


Bagikan

Terpopuler