Berdonasi, Dimulai dari Tokopedia

Berdonasi, Dimulai dari Tokopedia

“Berimanlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan nafkahkan-lah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memeroleh pahala yang besar” (QS Al Hadid : 7 ).

ACTNews, JAKARTA - Berdonasi bukan soal berapa banyak jumlah sumbangan yang diberikan, melainkan memperkuat semangat dalam menciptakan dampak sosial kepada orang-orang di sekitar. Itulah komitmen Tokopedia untuk mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia agar peduli terhadap sesama.

Dengan harapan menjadi platform di mana segala hal bisa dimulai di sana, sejak 2016 Tokopedia telah menggerakkan sebuah program berbagi dengan sebutan TopDonasi. “Tokopedia berupaya mempermudah niat baik Toppers (pengguna Tokopedia) untuk berbagi dan juga membantu sesama menciptakan peluang,” ujar Siti Fauziah, Senior Communication Lead Tokopedia.

Dalam program TopDonasi terdapat dua jalur yang bisa dipilih Toppers, sebutan bagi pengguna Tokopedia. Pertama TopDonasiBebas, di mana pengguna Tokopedia bisa melakukan donasi tanpa harus melakukan pembelian lebih dulu dengan jumlah yang tidak terbatas (bebas).

Kedua TopDonasi100, jalur ini memungkinkan Toppers berdonasi hanya dengan senilai 100 rupiah setiap kali berbelanja. Mengingat nilai yang tidak seberapa, menurut Siti, justru menarik minat pengguna Tokopedia untuk berdonasi.

“Ya itu uniknya berdonasi di Tokopedia. Jumlahnya sedikit memang, tapi kita bisa memberi dampak besar bagi mereka yang membutuhkan. Cara berdonasinya, setelah Toppers selesai berbelanja dan masuk ke menu pembayaran, akan ada kolom checklistberdonasi Rp.100’ yang bisa dipilih,” papar Siti.

Siti memaparkan bahwa pengenalan fitur TopDonasi berjalan dengan lancar. Sejak diluncurkan tahun 2016, donasi yang terkumpul terus mengalami peningkatan. Selama kurun waktu enam bulan, jumlah donasi meningkat 30%.

“Ini juga membuktikan animo masyarakat Indonesia untuk berdonasi yang terbilang tinggi,” kata Siti.

Kolaborasi Aksi Cepat Tanggap dan Tokopedia

Bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Tokopedia menyalurkan donasi untuk berbagai kegiatan sosial, mulai dari pendidikan, kesehatan, penanganan bencana, hingga pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Donasi salah satunya disalurkan melalui ACT untuk berbagai program sosial,” kata Siti.

Belum lama ini, di akhir April kemarin, ACT telah menyalurkan donasi pengguna Tokopedia kepada korban gempabumi di Desan Kasinoman, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara. Total Sebanyak 500 paket sembako didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan logistik korban di posko-posko pengungsian, Ahad (22/4).

Kini, TopDonasi Tokopedia masih berlangsung, berbagai upaya pun terus dikembangkan. “Tokopedia akan terus memperluas edukasi dan pengenalan fitur TopDonasi kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, termasuk melalui kanal komunikasi seperti media sosial,” pungkas Siti. []

Tag

Belum ada tag sama sekali