Berjualan Seadanya Demi Hidupi Ekonomi Keluarga

Keterbatasan ekonomi dan kesehatan yang sangat terpuruk sempat membuat Muji cukup terpukul. Akan tetapi, ia terus berusaha untuk sembuh dengan kondisi ekonomi yang terpuruk. Ia juga terus berdagang agar bisa memenuhi kebutuhan pokok keluarga di masa sulit ini.

Muji Lestari tengah menggoreng kerupuk yang akan ia jajakan. Muji merupakan salah satu penerima manfaat program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI). (ACTNews

ACTNews, YOGYAKARTA - Pandemi Covid-19 banyak mengubah keadaan masyarakat, terutama bagi Muji Lestari (52). Ibu dua anak ini menjadi satu dari sekian banyak perempuan di Indonesia yang terkena imbas pandemi corona.

Sebelum pandemi Covid-19 menyebar, Muji Lestari punya usaha kecil-kecilan berupa kerajinan tas kain rajut. Namun, adanya pandemi saat ini begitu mengubah pendapatannya. Usaha tas kain rajut yang telah lama digeluti Muji sepi pembeli hingga akhirnya gulung tikar. 

“Bersama anak saya yang masih sekolah, tiap hari kami menyambung hidup dengan berjualan kerupuk beras yang dititipkan di angkringan dan pedagang sayur keliling,” ungkap Muji, Senin (1/6). 

Meski tidak banyak yang didapat, hanya Rp24 ribu per hari, ia mengaku tidak memiliki pilihan lain demi menyambung ekonomi keluarga. “Apalagi sejak dua bulan terakhir, dokter telah memvonis ginjal kanan dan kiri saya terkena penyakit kista stadium 4 dan 5, hingga saya saat ini tidak bisa lagi melakukan pekerjaan berat,” ungkap Muji. 

Keterbatasan ekonomi dan kesehatan yang sangat terpuruk sempat membuat Muji cukup terpukul. Akan tetapi, ia terus berusaha untuk sembuh dengan kondisi ekonomi yang terpuruk. Muji mengandalkan obat-obatan herbal yang dibelinya tak jauh dari kediamannya. 

Saat ini, Muji Lestari hidup serumah dengan anaknya yang masih sekolah serta ibunya yang sudah lanjut usia. Sementara suaminya sudah meninggal dunia beberapa tahun silam karena sakit.

Dalam kunjungan ke kediaman Muji di Kotagede pada Senin (1/6) lalu, ACT DI Yogyakarta menyerahkan bantuan modal usaha dari program Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI). Program Sahabat UMI adalah program pemberian sedekah modal usaha dan pembinaan bagi usaha ultra mikro yang terdampak Covid-19. Targetnya ACT DI Yogyakarta akan memberikan bantuan untuk ribuan perempuan tangguh penggerak usaha mikro Indonesia melalui program Sahabat UMI.

Koordinator Program ACT DI Yogyakarta Kharis Pradana mengatakan, Bantuan ini untuk menopang usaha Muji yang saat ini tengah mengalami keterbatasan modal. “Semoga program Sahabat UMI mampu menjadi penyemangat bagi para pengusaha mikro untuk terus berjualan meski kondisi saat ini memang sedang sulit,” jelas Kharis.  

Selain bantuan modal, ACT juga akan memberikan pendampingan kepada pengusaha mikro seperti Muji Lestari agar usaha kecilnya bisa terus menopang perekonomian keluarga. []