Berkah Kurban Hadir di Wilayah Prasejahtera di Surabaya

Tahun lalu, warga di Surabaya menikmati daging kurban terbaik dari Global Qurban. Salah satunya di Kelurahan Wonorejo, Tegalsari yang dihuni tak sedikit masyarakat berpenghasilan rendah.

Berkah Kurban Hadir di Wilayah Prasejahtera di Surabaya' photo
Seorang bocah di Surabaya yang menerima daging kurban dari Global Qurban. (ACTNews)

ACTNews, SURABAYA Sebagai Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya menjadi wilayah yang cukup maju sebagai perkotaan. Pelabuhan besar ada di sana, menjadikan kota ini salah satu tujuan kapal besar yang membawa kargo serta penumpang. Surabaya juga memegang status sebagai kota terbesar ke dua di Indonesia setelah Jakarta. Namun, hal itu tak menjamin penuh warganya mampu secara ekonomi.

Kondisi tersebut bisa dilihat di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Tegalsari. Di kelurahan ini, warganya tak sedikit yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima, tukang becak, serta buruh pabrik. Banyaknya industri di sekitar Surabaya membuat warga di Wonorejo pun tak ketinggalan mengais rezeki dari sana. Namun, tak besar penghasilan mereka, rata-rata berada di angka Rp1,5 juta - Rp2 juta untuk menyambung hidup di kota sebesar Surabaya.

Kepala Program ACT Jawa Timur Dipo Hadi, mengatakan, masyarakat di Wonorejo tak sedikit yang ekonominya masih lemah. Pasalnya, pekerjaan mereka yang hanya menjadi buruh harian lepas atau pekerja pabrik dengan gaji rendah. “Walau begitu, fasilitas di sana cukup memadai, tidak ada kasus kurang gizi pada balita. Akan tetapi, kondisi perekonomiannya masih kurang baik,” jelasnya kala itu.

Tahun lalu, tepatnya saat Hari Raya Iduladha, Global Qurban - ACT mengirimkan hewan kurban terbaiknya ke berbagai titik di Surabaya, termasuk Wonorejo. Di Wonorejo, hidangan daging seakan langka akibat kurang kuatnya perekonomian masyarakat. Oleh karenanya, hewan-hewan kurban dermawan Indonesia juga didistribusikan di Wonorejo bentuk pemerataan distribusi hewan kurban.

Pada Iduladha 2019 lalu, Global Qurban-ACT Jatim telah mendistribusikan lebih dari 1.000 hewan kurban ke berbagai penjuru di Jawa Timur. kabupaten/Kota yang terjangkau antara lain Banyuwangi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Madiun, Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan wilayah Madura di Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Di Iduladha tahun ini, Global Qurban - ACT juga akan menjangkau Surabaya dan sejumlah kota/kabupaten lainnya di Jawa Timur sebagai salah satu wilayah target distribusi kurban. Pasalnya, pandemi Covid-19 melemahkan perekonomian masyarakatnya dan berdampak banyak pada kehidupan mereka.

Jumlah kasus positif di Jawa Timur sendiri cukup tinggi. Untuk Surabaya, per Ahad (14/6) kemarin, pasien yang terkonfirmasi mencapai lebih dari 4 ribu orang. Adanya kasus yang cukup besar ini membuat banyak aktivitas warga terganggu. Salah satunya ialah sektor bisnis yang berdampak pada pendapatan warga Surabaya yang bakal berkurang.[]


Bagikan

Terpopuler