Berkah Ramadan, Supardi Dapatkan Zakat Sekaligus Berzakat Fitrah

Ramadan bagi para marbut masjid di Jakarta dirasa sangat berbeda: tak ada semarak seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, berkah Ramadan tetap mereka rasakan, utamanya di masa pandemi ini. Puluhan marbut di Jakarta mendapatkan beras zakat fitrah. Tak hanya itu, mereka juga mendapat bantuan beras tambahan yang bisa mereka zakatkan untuk diri sendiri maupun keluarga.

Salah satu marbut yang menerima beras zakat fitrah dari Global Zakat-ACT. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA Global Zakat - ACT terus mendistribusikan zakat fitrah ke masyarakat. Penerima zakat atau mustahiknya pun merupakan masyarakat prasejahtera atau yang ekonominya terdampak Covid-19. Selasa (12/5) kemarin, beras zakat fitrah diantar ke penerima manfaat yang merupakan marbut di kawasan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Supardi merupakan salah satu marbut di salah satu masjid di Jalan Bangka, Jakarta Selatan. Di samping menjadi marbut, ia merupakan pekerja serabutan. Di musim pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masjid yang Supardi jaga mengalami sepi jemaah. Kondisi ini tidak terlepas adanya imbauan untuk tak mengadakan kerumunan serta anjuran beribadah di rumah.

“Ya sekarang sepi. Walau ada tarawih sama salat Jumat, dibatasi jumlahnya,” ungkap Supardi.

Di hari itu, Supardi mendapatkan beras zakat fitrah dari masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui Global Zakat. Sebanyak 7,5 kilogram beras diberikan, nantinya 2,5 kilogram dari total beras itu bisa Supardi langsung salurkan untuk membayar zakat di Masjid Nurul Rahman, lokasi serah terima zakat fitrah ini diadakan.

Supardi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan beras zakat fitrah yang bisa ia konsumsi bersama keluarga, juga beras untuknya berzakat. Selepas serah terima zakat ini, marbut Masjid Al-Istiqomah ini segera menghampiri meja petugas zakat untuk menunaikan ibadah wajib di Ramadan.

"Sebelum ada beras zakat fitrah ini, Global Zakat juga sudah memberikan biaya bantuan hidup bagi kami (marbut). Sekarang ada beras zakat fitrah ya alhamdulillah karena kondisinya sedang sulit seperti sekarang," ungkapnya.

Muhammad Albar dari tim program Global Zakat-ACT Jakarta Selatan mengatakan, penerima zakat fitrah hari itu sebanyak 20 marbut yang menjaga beberapa masjid di Mampang Prapatan. Selain memberikan zakat, Global Zakat pun menambahkan jumlah beras yang diberikan agar mereka mampu menunaikan zakat fitrah diri atau keluarganya yang belum membayar. “Para marbut bisa langsung menunaikan zakat fitrah dengan 2,5 kilogram beras ke Masjid Nurul Rahman ini,” jelasnya, Selasa (12/5).

Sebelumnya, para marbut di Mampang Prapatan ini mendapatkan bantuan biaya hidup dari Global - Zakat ACT. Bantuan ini disalurkan sebagai langkah penanganan Covid-19 yang juga berpengaruh pada kehidupan marbut.[]