Bersama Bantuan dan Pendampingan, Aca Siap Wujudkan Cabang Kedua Usahanya

Meski awalnya tak begitu paham bisnis, kini Nurmansyah terus mengembangkan toko Roti Srikaya Ayah Gembul miliknya. Bahkan ia berkeinginan membuka cabang baru.

bantuan modal umkm
Selain berjualan di toko, Aca juga menawarkan roti buatannya melalui aplikasi daring. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Nurmansyah memulai usaha sebagai reseller roti srikaya satu tahun lalu setelah memutuskan berhenti dari pekerjaan sebelumnya sebagai karyawan. Dua bulan berjalan, usaha yang dijalani Aca, panggilan akrabnya, malah sering merugi.

Aca mengubah arah bisnisnya. Dari yang awalnya hanya sebagai penjual tangan kedua, kini ia berperan sebagai produsen. Ia membuat sendiri roti-roti tersebut, dan membuka toko Roti Srikaya Ayah Gembul di Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Di samping itu, ia juga berjualan lewat aplikasi daring.

“Ada tiga varian roti yang saya produksi. Panggang, goreng, kukus. Alhamdulillah masih bisa bertahan di masa pandemi, walaupun memang lebih banyak saya mengandalkan berjualan secara online. Yang toko tunai agak menurun dari sebelumnya, tapi masih terbantu dengan penjualan di berbagai aplikasi,” ujar Aca pada Kamis (16/9/2021) lalu.


Tetapi bisnis merupakan dunia yang hampir baru sama sekali buat Aca. Sampai pada bulan Juni lalu, ia mendapatkan bantuan modal serta pendampingan usaha dari program Wakaf UMKM dari Global Wakaf-ACT yang berkolaborasi dengan ZIS Rohis Lintasarta untuk UMKM di Kecamatan Kemayoran.

Modal yang didapatkan dibelikan mixer yang membuat pekerjaannya lebih efisien hingga empat kali lipat. Selain itu, lewat ilmu yang ia dapat saat pendampingan, ia mampu memaksimalkan pencatatan keuangan sehingga dapat memprediksi jumlah produksi roti setiap harinya.

“Saya juga banyak teman pendampingan, yang kalau kumpul bareng kita bisa tukar pengalaman, cerita tentang penjualan. Bahkan kita bisa saling bantu untuk penjualan atau pemasarannya,” tutur Aca.

Aca kembali mendapatkan bantuan modal tahap kedua pada bulan September ini. Ia pun berencana membeli etalase dari modal tersebut guna mewujudkan cabang kedua kedai rotinya. "Terima kasih sekali buat Global Wakaf-ACT sudah membantu saya berwirausaha dan modal. Dengan adanya bantuan ini insyaallah menjadi keberkahan untuk keluarga dan usaha saya. Mudah-mudahan juga bermanfaat untuk teman-teman yang kemarin mendapatkan," harap Aca.[]