Bersama Marinir, Ribuan Makanan Dibagikan untuk Warga Prasejahtera di Cilandak

ACT terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan Operasi Pangan Gratis. Kali ini, ACT bekerja sama dengan Korps Marinir untuk mendistribusikan ribuan makanan siap santap kepada warga prasejahtera di Cilandak.

act korps marinir
ACT bekerja sama dengan Korps Marinir untuk mendistribusikan ribuan makanan siap saji untuk warga prasejahtera. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Lewat Operasi Pangan Gratis, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar untuk dapat memberikan sebanyak-banyaknya bantuan pangan ke masyarat yang terdampak pandemi Covid-19. Dari wilayah kota, hingga pelosok pedesaan, ACT berupa menyampaikan amanah para dermawan dengan memberikan setidak seribu ton paket pangan.

Namun, ikhtiar besar ini sejatinya tidak mampu dilakukan oleh ACT sendiri. Perlu kerja sama dari berbagai pihak dan lapisan masyarakat untuk mensukseskan operasi ini. Oleh karenanya, pada Rabu (28/7/2021), ACT membawa Humanity Food Bus dan mendatangi Markas Komando Marinir di Cilandak untuk menjalin kerja sama denga para marinir guna memasifkan distribusi bantuan.

Total 1500 porsi makanan siap saji yang dimasak di dapur modern Humanity Food Bus, dibagikan untuk masyarakat prasejahtera di Cilandak oleh tim ACT dan Marinir. Proses distribusi dilakukan dalam dua tahap, yakni di pagi dan siang hari.

”Di pagi hari, kita bagikan sebanyak 700 porsi untuk masayrakat sarapan. Kemudian siangnya kembali kita distribusikan sebanyak 800 porsi untuk meraka makan siang,” ujar tim program ACT, Muhammad Hoirudin.

Tidak hanya warga sekitar, namun santapan lezat dan bergizi ini juga dibagikan untuk para pedagang kecil yang berjualan di wilayah cilandak. Walim, pedagang es cincau keliling salah satu penerima makanan ini sangat bersyukur atas bantuan yang ia dapat. Sejak pandemi merebak di Indonesia, pendapatannya anjlok menjadi Rp50 ribu per hari.

"Alhamdulillah, terima kasih makan siangnya. Saya jadi enggak perlu keluar uang untuk beli makan siang. Bisa irit, keadaan lagi susah begini," ujar Walim sambil memegang makanan buatan juru masak dari Humanity Food Bus.

Untuk diketahui, jalinan kerja sama antara ACT dan Korps Marinir ini bukan yang pertama. Sudah kesekian kalinya kedua elemen besar masyarakat ini menyatukan solidaritas untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Pada pertengahan Juli lalu, ACT dan Korps Marinir bekerja sama dalam pendistribusian 5 ton beras gratis kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Tidak hanya beras, dalam aksi ini juga didistribusikan 250 karton air minum wakaf. []