Bersama Masyarakat Balikpapan, ACT Kaltim Suarakan Dukungan untuk Palestina

Seperti di sejumlah daerah, masyarakat Balikpapan juga menyampaikan dukungannya untuk Palestina.

Dukungan hadir dari Aliansi Umat Islam se-Balikpapan. (ACNTews/Muhammad Afif)

ACTNews, BALIKAPAPAN Aliansi Umat Islam se-Balikpapan berkumpul di titik kota Tugu Manuntung Balikpapan sebagai bentuk dukungan kepada Palestina, Jumat (23/5/2021). Aksi solidaritas tersebut diikuti berbagai elemen masyarakat, salah satunya Masyarakat Relawan Indonesia Aksi Cepat Tanggap.

Massa aksi berkumpul di depan Masjid At Taqwa Balikpapan. Spanduk dukungan dan bendera Palestina berkibar. Selain itu, massa juga melakukan penggalangan dana untuk masyarakat Palestina. Dalam aksi ini peserta tetap taat Protokol kesehatan seperti memakai masker dan panitia juga menyediakan hand sanitizer untuk para peserta.

Ibenk Perwakilan komunitas Biker Subuhan berpendapat, selama ini banyak masyarakat yang ragu dalam menyampaikan bantuan ke Palestina. Namun, kehadiran Aksi Cepat Tanggap di tengah aksi memberikan kepercayaan kepada masyarakat. “Padahal di berbagai kanal media sosial, ACT Aksi-aksi nyata dan dokumentasi yang disajikan sangat jelas bantuan benar-benar sampai ke Palestina. Insyaallah melalui gerakan dan kolaborasi ini bisa membuka mata saudara kita untuk tetap yakin kepada kebenaran,” pungkas Ibenk.

Sementara itu, Abdul Khadir Tim Program ACT Kalimantan Timur menjelaskan, aksi yang dilakukan Aliansi Umat Islam se-Balikpapan menjadi bentuk dukungan yang ditunjukkan masyarakat Balikpapan. “Semoga kami bisa membersamai langkah dan menjaga kepercayaan masyarakat Balikpapan dalam menyampaikan amanahnya untuk Palestina,” kata Khadir.[]