Bersama MUI Kota Bekasi, ACT Serahkan 1 Ton Beras untuk Pesantren dan Panti Asuhan

MUI menjadi elemen bangsa yang berperan penting dalam merajut solidaritas keumatan. Ata speran itulah, ACT bersama MUI Kota Bekasi, distribusikan 1 ton beras dan air minum wakaf ke pesantren dan panti asuhan terdampak pandemi Covid-19 di Kota Bekasi.

opg bersama MUI
Serah terima beras kepada MUI Kota Bekasi. (ACTNews)

ACTNews, BEKASI – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Bekasi menyerahkan 1 ton beras Operasi Pangan Gratis (OPG) kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi, Rabu (14/7/2021). Selain beras, ACT juga menyerahkan air minum wakaf. Beras yang diserahkan selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat pra sejahtera di wilayah Kota Bekasi.

Ketua MUI Kota Bekasi KH. Mir’an Syamsuri menyambut baik kolaborasi aksi Operasi Pangan Gratis bersama MUI Kota Bekasi. Nantinya ratusan karung beras berukuran tiga kilogram tersebut akan didistribusikan bersama 12 MUI kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

“Ini yang ketiga kalinya. Saya ucapkan terimakasih, dan akan kita salurkan ke sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan sesegera mungkin,” ujar Mir’an, Rabu (14/7/2021).

Senada dengan Mir’an, Sekretaris Umum MUI Kota Bekasi Hasnul Pasaribu juga mengatakan bantuan beras dan air mineral  akan disalurkan ke pondok-pondok pesantren dan Panti Asuhan di Kota Bekasi. Pesantren dan panti asuhan menjadi target pendistribusian karena para santri dan para penghuni panti juga kesulitan memenuhi kebutuhan para santri selama masa pandemi Covid-19.

“Kita akan mendata dan berkirim surat langsung hari ini juga kepada pondok-pondok pesantren dan panti asuhan. Jumlahnya cukup banyak, jangan sampai ada yang salah hitung nantinya. Mereka ini juga terdampak pandemi Covid-19. Para orang tua wali santri ekonominya terpuruk, panti juga sama,” kata Hasnul.

Tim Program ACT Kota Bekasi Ihsan Hafizan mengatakan, kolaborasi dengan MUI merupakan yang ketiga kalinya dalam aksi Operasi Pangan Gratis. Sejak awal pandemi, MUI menjadi salah satu elemen masyarakat yang selalu dilibatkan dalam setiap aksi distribusi. Mengingat peran pentingnya dalam merajut solidaritas keumatan. 

“Untuk itu kami juga mengimbau dan mengajak masyarakat luas untuk terus mendukung Operasi Pangan Gratis dengan sedekah terbaik melalui tautan Bekasi.indonesiadermawan.id/DaruratSolidaritas. Insyaallah, ke depan kami akan terus berkolaborasi dengan MUI termasuk dalam momentum Qurban tahun ini,” tutup Ihsan. []