Bersama Pertamina, Global Wakaf Dorong Pemberdayaan Mangrove di Kampung Jabi

Pemberdayaan diimplementasikan dalam bentuk dukungan penjualan bibit mangrove, serta penanaman bibit di pinggir pantai.

pemberdayaan mangrove
Silaturahmi antara Tim Global Wakaf-ACT Batam, Pertamina, dan kelompok tani Bahari Kembang Jaya ini diadakan pada Kamis (10/3/2022) lalu. (ACTNews)

ACTNews, KOTA BATAM – Global Wakaf-ACT bersama Pertamina kembali mengunjungi kelompok tani mangrove Bahari Kembang Jaya di Kampung Jabi, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Silaturahmi antara Tim Global Wakaf-ACT Batam, Pertamina, dan kelompok tani Bahari Kembang Jaya tersebut diadakan pada Kamis (10/3/2022).

Bantuan yang diberikan dari Global Wakaf-ACT bersama Pertamina yakni berupa bantuan dana bibit beserta pendampingan. Khairul Hafiz dari Tim Program Global Wakaf-ACT Batam menjelaskan pemberdayaan diimplementasikan dalam bentuk penjualan bibit di rumah bibit mangrove Bahari Kembang Jaya, serta penanaman bibit di pinggir pantai. 

“Ada dua puluh jenis pohon mangrove. Ke depan akan dikembangkan beberapa jenis sebagai upaya pemberdayaan,” kata Hafiz.

Program ini telah berjalan selama sekitar satu tahun ke belakang dani akan berjalan dalam jangka panjang sekitar lima tahun

Hafiz juga menjelaskan, ke depan ACT dan Pertamina akan mengembangkan kawasan eduwisata. Ada juga usaha pengolahan makanan dari mangrove sehingga bisa menambah nilai pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

Saat ini kelompok tani mangrove Bahari Kembang Jaya memiliki dua puluh sembilan anggota yang mengelola sekitar 100 ribu bibit mangrove. Sebanyak 3,5 ribu bibit di antaranya sudah ditanami di berbagai tempat.

“Kami memohon doa kepada para dermawan, agar rencana jangka panjang kami dan mitra kami Pertamina ini, dapat kami wujudkan dengan menghadirkan pemberdayaan melalui mangrove,” ucap Hafiz.[]