Bersama Pertamina MOR-IV, ACT Cegah Covid-19 di Yogyakarta

ACT bersinergi dengan Pertamina MOR IV untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lima SPBU di Yogyakarta sebagai langkah mitigasi penyebaran virus corona.

Bersama Pertamina MOR-IV, ACT Cegah Covid-19 di Yogyakarta' photo
MRI dan ACT DI Yogyakarta melakukan penyemprotan disinfektan di lima SPBU di Yogyakarta. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA - Kolaborasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 terus terjalin dengan beberapa pemangku kepentingan. Di Yogyakarta, ACT bersinergi dengan Pertamina MOR IV untuk melakukan penyemprotan disinfektan sebagai langkah mitigasi. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan di beberapa titik SPBU di Yogyakarta pada Senin (23/3).

Dibantu oleh puluhan relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) aksi digelar sejak pagi pukul 08.00 WIB. Haidar selaku koordinator aksi menyampaikan, kegiatan disinfeksi pada hari itu menjangkau lima SPBU. “Kami menyasar SPBU Sultan Agung, SPBU Kyai Mojo, SPBU Giwangan, SPBU Lempuyangan, dan SPBU Timoho," terangnya.

Menurut Haidar, selama ini SPBU sering sebagai tempat transit masyarakat yang mengemudi, terutama di musalanya untuk menunaikan ibadah salat atau istirahat. Begitu pula dengan toiletnya, seringkali orang keluar masuk untuk buang air. "Tempat-tempat transit seperti ini rentan tercemar virus corona. Oleh karenanya, kami melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat itu," papar Haidar. 

Selain SPBU, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di Masjid Bandara Adi Sudjipto. Sebagai fasilitas publik, bandara juga berpotensi besar pada penularan Covid-19. Hal ini mengingat lokasi tersebut menjadi tempat datang dan perginya masyarakat dari berbagai daerah dan negara. 

"Kita tidak pernah tahu seseorang yang datang dari provinsi mana atau negara mana. Harapan kami sesampainya mereka di Yogyakarta, tidak turut membawa virus corona tersebut. Oleh karena itu, kami melakukan penyemprotan disinfektan di area masjidnya dan membagikan ratusan hand sanitizer di pintu keluar," lanjut Haidar.

Aksi penyemprotan disinfektan akan berlanjut untuk SPBU-SPBU lain di Yogyakarta. Selain itu, aksi juga akan menyasar masjid-masjid transit, sekolah, maupun tempat umum di Yogyakarta untuk mencegah penularan virus corona.

Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto menjelaskan, aksi disinfeksi serta pembagian hand sanitizer ini merupakan bentuk dukungan ACT terhadap imbauan Pemerintah untuk bergotong-royong menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta sebagai langkah untuk memutus penyebaran virus corona, khususnya di Yogyakarta.  

Selain itu, ACT juga memberikan apresiasi kepada PT. Pertamina MOR-IV yang telah mendukung terselenggaranya aksi penyemprotan cairan disinfektan secara serentak tersebut. "Semoga dengan adanya aksi-aksi seperti ini, penyebaran virus corona di Yogyakarta bisa dicegah," papar Bagus. []


Bagikan