Bersama Relawan, ACT Palestina Bersihkan Pantai Assodaniya

Tim Aksi Cepat Tanggap bersmaa puluhan relawan membersihkan sampah-sampah di Pantai Assodaniya yang berlokasi di antara Kota Gaza dan Beit Lahia. Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, aksi ini diharapkan dapat memupuk kepedulian pemuda-pemudi Gaza untuk lingkungan dan rumah mereka

ACT Palestina
Tim ACT Gaza bersama relawan membersihkan Pantai Assodaniya, Sabtu (12/6/2021).. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Tim Aksi Cepat Tanggap tidak hanya bergerak dalam aksi-aksi implementasi bantuan kemanusian, namun juga turut serta dalam usaha menjaga lingkungan hidup. Seperti yang dilakukan tim cabang di Gaza, mereka membersihkan sampah-sampah di Pantai Assodaniya yang berlokasi di antara Kota Gaza dan Bait Lahia pada Sabtu (12/6/2021).

Kepala Cabang ACT Gaza Tahany Ahmed Qasim mengatakan, aksi ini juga merupakan bentuk kepedulian serta upaya ACT untuk memulihkan kembali kondisi Gaza setelah porak-poranda akibat agresi zionis Israel pada Mei lalu.

“Pantai merupakan lokasi penting bagi masyarakat Gaza. Salah satunya menjadi sarana rekreasi melepaskan penat. Sebab itu, pantai menjadi tempat krusial untuk dirawat dan dibersihkan,” terang Tahany.

Tim ACT juga mengajak puluhan relawan untuk bergotong royong dalam aksi pembersihan pantai ini. Tahany menjelaskan, aksi ini diharapkan dapat memupuk kepedulian pemuda-pemudi Gaza terhadap lingkungan dan rumah mereka. “Aksi kemanusiaan ACT menjadi wadah bagi mereka menyalurkan kepedulian dan waktunya untuk tanah air mereka,” tambahnya.

Dalam aksi ini, para pemuda nampak semangat menyapu dan memungut berbagai sampah yang mengotori Pantai Assodaniya. Penggunaan alat berat pun tak luput dalam aksi ini. Satu unit loader digunakan untuk mengangkut kantung-kantung sampah yang telah dikumpulkan relawan menuju tempat pembuangan sampah terdekat.

Aksi ini bukan pula aksi pertama yang dilakukan tim ACT bersama para relawan dalam menjaga kebersihan lingkungan di Gaza. Sebelumnya, mereka beramai-ramai bekerja sama membersihkan puing-puing dari bangunan yang hancur di Jalan Alwehda pada akhir Mei lalu.[]