Bersiap Ambil Bagian di Kapal Ramadhan!

Direncanakan, 10 hari menjelang akhir Ramadan, ACT Batam bakal melayarkan Kapal Ramadhan. Program tersebut menghadirkan paket pangan untuk warga kepulauan yang sulit akses dan fasilitas umum, prasejahtera serta mualaf. Setiap orang bisa ambil bagian dalan aksi kebaikan ini.

1
Paket pangan Kapal Ramadhan yang hendak didistribusikan ke pulau-pulau di Batam tahun 2019 lalu. (ACTNews)

ACTNews, BATAM – Tahun 2021 menjadi tahun kedua Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Virus mematikan ini tak kunjung usai mewabah di penjuru Nusantara. Walau satu tahun telah berlalu sejak kasus pertama Covid-19 ditemukan di Indonesia, di era yang sekarang disebut kenormalan baru belum sepenuhnya membawa perubahan pada kehidupan warga. Ekonomi belum sepenuhnya bangkit, pendidikan pun serupa, rumah sakit masih dipenuhi pasien dan pejuang medis, serta masyarakat aktivitasnya masih terbatas.

Dampak pandemi ini tak hanya dirasakan warga perkotaan saja, mereka yang tinggal di pulau-pulau kecil dengan akses terbatas pun tak luput terkena imbas. Akses mereka ke pulau besar yang dijadikan pusat kota dan ekonomi agak terhambat. Sedangkan jika mereka hanya berdiam di pulau, keadaan prasejahtera, terbatasnya fasilitas dan kurangnya pendidikan akan mengepung. Tak pandemi pun mereka sebenarnya telah terisolasi dari kemajuan kota. Salah satunya ialah Pulau Selat Desa di Kelurahan Ngenang, Nongsa, Kota Batam. Di pulau yang menjadi hunian mualaf Suku Laut itu pun tak ada listrik dan warganya berekonomi prasejahtera. Fasilitas kesehatan dan pendidikan harus menyeberang ke pulau terdekat.

Kondisi ini yang terus berlarut dari tahun ke tahun, dan kini diperparah dengan adanya pandemi, membuat Aksi Cepat Tanggap (ACT) Batam berikhtiar menghadirkan paket pangan untuk warga kepulauan. Kapal Ramadhan direncankan berlayar 10 hari menjelang Idulfitri sebagai bentuk kepedulian dan menghadirkan kebahagiaan untuk saudara di kepulauan.

“Pandemi ini sungguh membawa pengaruh besar pada kehidupan. Jika yang di perkotaan saja kondisi ekonomi hingga pendidikannya melemah, apalagi mereka yang tinggal di pulau-pulau kecil dengan berbagai keterbatasan,” ungkap Khairul Hafiz dari tim Program ACT Batam, Kamis (22/4/2021).

Kapal Ramadhan pembawa paket pangan yang tengah disiapkan ACT Batam rencananya akan menyapa warga di pulau-pulau yang banyak dihuni oleh mualaf, minim fasilitas umum dan transportasi, serta prasejahtera. Pulau tersebut di antaranya Selat Desa, Gara, Kubung, Korek, Labun, Bertam, Mas, Air Raja serta Nipah.

Khairul pun mengatakan, setiap orang sangat bisa ambil bagian dalam program kebaikan ini. Pasalnya, pangan cukup mendesak untuk dipenuhi di pulau-pulau di sekitar Batam.

“Lewat Kapal Ramadhan di penghujung Ramadan, kita bakal melakukan aksi tanpa batas. Melewati berbagai tantangan untuk menyapa saudara kita di kepulauan. Sedekah terbaik temen-temen bisa disalurkan melalui BNI Syariah 88 00000 637, kapal kebaikan ini juga sebagai kado istimewa saudara di pulau-pulau di bulan suci” ajak Khairul.

Kapal Ramadhan  di Batam dan wilayah Kepulauan Riau lainnya sebenarnya bukan kali ini pertama. Ramadan tahun 2019 lalu misalnya, ACT melayarkan Kapal Ramadhan yang membawa paket pangan ke warga di Kepulauan Anambas. Warga di Pulau Sweraya, Batam pun di tahun yang sama mendapatkan paket kebaikan dari ACT ini.[]