Bersiap, Humanity Food Truck Segera Hadir di Palestina!

Berikhtiar memperluas jangkauan layanan makan gratis untuk warga Palestina, Aksi Cepat Tanggap menghadirkan Humanity Food Truck. Armada kemanusiaan ini akan menjangkau penduduk Gaza dari ujung utara hingga Rafah.

Bersiap, Humanity Food Truck Segera Hadir di Palestina!' photo
Relawan ACT mempersiapkan armada Humanity Food Truck yang akan beroperasi di Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Truk calon armada Humanity Food Truck baru saja melintasi Erez, sebuah perbatasan di ujung utara Gaza dengan Israel, Senin (3/2). Truk tersebut nantinya akan dimodifikasi menjadi dapur berjalan, seperti armada Humanity Food Truck lainnya yang dimiliki Aksi Cepat Tanggap.

Mitra ACT di Gaza, Rabah Bekhit, mengatakan armada ini nantinya akan melayani hingga 1.000 penerima manfaat per hari. “Akan ada makan siap santap gratis bagi keluarga prasejahtera dan anak-anak yatim di Gaza,” kata Rabah.

Humanity Food Truck di Gaza merupakan ikhtiar mendukung ketahanan pangan masyarakat Palestina, khususnya di wilayah Gaza. Rabah mengatakan, Jalur Gaza masih mengalami keterpurukan ekonomi akibat 13 tahun blokade Israel. Kondisi ini membuat semakin banyak masyarakat Gaza yang prasejahtera dan sulit memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Perhatian untuk masyarakat Palestina juga menguat seiring eskalasi pekan ini. Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response (GHR) – ACT mengatakan, dukungan untuk warga Palestina juga hadir dalam bentuk lain. “Ada bantuan pangan untuk para penjaga masjid Al Aqsa murabithun dan bantuan paket musim dingin. Bantuan untuk warga Palestina di Gaza juga selalu ada setiap hari melalui pengobatan gratis Klinik Indonesia. ACT juga mempunyai program pengadaan ambulans,” kata Faradiba.

Sebelumnya, guna mendukung kebutuhan pangan penduduk Palestina, ACT menyediakan Dapur Umum Indonesia yang memproduksi hingga ribuan porsi sehari. Bantuan pangan tersebut didistribusikan ke sekolah-sekolah, warga prasejahtera, dan tempat tinggal anak-anak yatim.

ACT juga memasok kebutuhan bahan pangan masyarakat Palestina melalui Indonesia Humanitarian Center. Sedangkan, untuk kebutuhan air bersih, Humanity Water Tank senantiasa beroperasi setiap hari. Sumur Wakaf pun dibangun di sejumlah tempat. []


Bagikan