Bersiap Pemulihan, ACT Dukung Hunian Terpadu untuk untuk Korban Erupsi Semeru

“Bukan hanya rumah penduduk, hunian terpadu juga akan dilengkapi fasilitas masjid, MCK, sekolah, shelter hewan ternak, dapur terpusat (central kitchen), kantor sekretariat, dan ruang kesehatan,” jelas Kusmayadi.

hunian nyaman terpadu
Rumah warga di Dusun Curah Kobokan rusak akibat erupsi Gunung Semeru. (ACTNews/Ichsan Ali)

ACTNews, LUMAJANG – Beragam aksi kemanusiaan untuk membantu korban erupsi Semeru terus dijalankan Aksi Cepat Tanggap. Seiring itu, ACT juga mempersiapkan program-program pemulihan. Salah satu yang tengah dipersiapkan adalah pembangunan hunian terpadu (integrated community shelter).

Komandan Tim Tanggap Darurat ACT Kusmayadi menerangkan, hunian terpadu akan akan dibangun di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang yang merupakan zona hijau hasil rekomendasi pemerintah setempat.

“Bukan hanya rumah penduduk, hunian terpadu juga akan dilengkapi fasilitas masjid, MCK, sekolah, shelter hewan ternak, dapur terpusat (central kitchen),  kantor sekretariat, dan ruang kesehatan,” jelas Kusmayadi.

Sejalan dengan itu, aksi-aksi kemanusiaan lain terus digaungkan. Respons erupsi  Semeru, per Sabtu (4/12/2021), sudah 159 aksi dilakukan ACT. Bantuan Sahabat Dermawan telah menjangkau 110.761 jiwa.

Bupati Kabupaten Lumajang Thoriqul Haq juga mengimbau, jika masyarakat ingin memberikan bantuan maka diharapkan memberikan bantuan selain bantuan pangan, seperti material bangunan.[]