Bertahan di Tengah Pandemi, Robiana Alih Usaha Kuliner

Kesulitan menjalankan usaha katering di saat pandemi membuat Robiana (38) membuka usaha kuliner cemilan. Siapa sangka, usaha ini justru lebih menguntungkan saat pandemi.

Robiana kini memilih mengembangkan usaha kuliner cemilan berupa dimsum, pizza, dan makanan laut semenjak usaha kateringnya berjalan lambat. (ACTNews)

ACTNews, TANGERANG SELATAN – Usaha kuliner Robiana (38) berjalan agak lambat di saat pandemi. Saat ini, orang jarang memesan katering karena keterbatasan penyelenggaraan acara. “Sekarang katering tidak menentu, orang memesan hanya untuk acara keluarga,” ungkap Robiana saat ditemui di rumahnya di Kelurahan Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah, Tangerang Selatan, Sabtu (6/3/2021).

Robiana kini mengembangkan usaha kuliner cemilan seperti dimsum, pizza, kebab, dan makanan laut. Bahkan usaha-usaha itu saat ini lebih berkembang daripada kateringnya. Ia pun membuka kedai makanan laut di sekitar Pasar Bengkok dan dijaga oleh suaminya.

Ia pun menjajakan makanannya melalui WhatsApp dan dari mulut ke mulut. Omzet Robiana bisa mencapai sekitar Rp 500 ribu per hari. Ia pun berharap dapat mengembangkan usahanya.

Didukung Wakaf Modal Usaha

Untuk membantu mendorong usaha Robiana, Global Wakaf – ACT memberikan bantuan modal usaha melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia. Tambahan modal ia gunakan untuk menambah jumlah produksi dan memenuhi permintaan pelanggan.

"Alhamdulillah adanya tambahan modal dari ACT insyaallah akan dikembangkan dengan baik, dan untuk menambahkan varian-varian baru," ucapnya pada.

Selain Robiana, ada empat pelaku usaha lain yang menerima bantuan Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia pada hari itu. Rodi Maryanto dari Tim Global Wakaf – ACT Tangerang Raya berharap bantuan ini dapat membantu mereka menjalankan usahanya.

“Ke depan kita juga akan meluaskan bantuan Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia di Tangerang Raya. Selain membantu perekonomian UMKM, program ini juga menjadi salah satu penggerak Gerakan Sedekah Pangan Nasional yang telah kita inisiasi untuk mewujudkan ketahanan pangan. Untuk mewujudkan hal ini tentu kami berharap dukungan dari para dermawan sekalian,” ajak Rodi.[]