Bertahap, Warga Sigi Terima Humanity Card

Bertahap, Warga Sigi Terima Humanity Card

ACTNews, SIGI - Sekitar 400 Humanity Card dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Desa Loru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (20/12). Kegiatan ini merupakan lanjutan pembagian Humanity Card yang diadakan pada Rabu (19/12).

“Penyerahan dilakukan secara bertahap karena jumlahnya yang banyak. Rabu (19/12) kemarin kita sudah bagikan sekitar 250 kartu ke warga Desa Loru, tak jauh dari lokasi ICS di Desa Lolu,” kata Mustafa selaku Kepala Program ACT Sulteng, Kamis (20/12).

 

Sebelum dibagikan, masyarakat terlebih dahulu diberikan penjelasan penggunaan kartu ini. Satu kepala keluarga akan mendapatkan satu kartu yang dapat digunakan untuk berbelanja di ACT Humanity Store ACT di kompleks Hunian Nyaman Terpadu (Integrated Community Shelter/ICS) di Desa Lolu. “Masyarakat dapat menggunakan kartu ini untuk berbelanja sepekan sekali,” imbuh Mustafa.

Humanity Card diberikan kepada masyarakat yang terdampak gempa dan likuefaksi di sekitar Desa Lolu, tempat ACT Humanity Store (AHS) berdiri. Cakupannya mencapai tujuh desa yang memiliki jarak tempuh kurang dari 30 menit dari kompleks ICS Lolu.

“Senin (17/12) lalu juga 1.000 warga Desa Lolu telah menerima Humanity Card. Jadi ditotal hingga saat ini, sudah ada lebih dari 1.500 keluarga yang mendapatkan Humanity Card. Kartu ini akan terus dibagikan hingga 4.200 warga menerima semua menerimanya. Insyaallah warga mulai bisa berbelanja serentak pada awal Januari 2019 nanti,” terang Mustafa.

 

Ribuan warga di Palu dapat menggunakan Humanity Card untuk berbelanja secara cuma-cuma ACT Humanity Store. Pembangunan AHS sendiri sudah berlangsung sejak awal November silam. Keberadaan AHS ini sebagai penunjang proses pembangunan di masa pemulihan pascabencana di Sulteng.

Tak hanya di Sulteng, AHS sebelumnya juga telah berdiri di kompleks ICS Gangga, Lombok, Nusa Tenggara Barat. AHS dilengkapi dengan sistem ritel modern, memudahkan penerima manfaat berbelanja kebutuhan pokok. []