Berulang Kali Usahanya Diterpa Ujian, Satiyah Tidak Patah Arang

Beberapa kali Satiyah, membuka usaha untuk menghidupi diri dan keluarga. Sempat usaha mereka terbakar, kekurangan omzet, sampai terdampak pandemi, tetapi semangat Satiyah untuk mencari nafkah tidak pernah surut.

bantuan modal jakarta utara
Sempat menjajal usaha jual-beli besi bekas, kemudian toko kelontong, kini Satiyah membuka usaha berjualan sate madura. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Bersama sang suami, Satiyah menyebrang dari Pulau Madura tempat mereka tinggal sebelumnya, menuju pesisir Jakarta, tepatnya di Kamal Muara, Jakarta Utara. Semua mereka lakukan demi menggapai penghidupan yang lebih baik bagi mereka serta keenam orang anaknya.

Sebagai langkah awal, Satiyah dan suami membuka usaha jual-beli besi tua. Usaha tersebut berjalan lancar dan pasangan ini dapat menabung untuk masa depan anak-anak mereka. Sampai pada suatu ketika, usaha tersebut ludes terbakar bersama si jago merah.

“Akhirnya mulai usaha lagi dengan modal yang ada setelah kebakaran itu. Kami buka warung sembako kecil-kecilan,” ungkap Satiyah kepada Tim Global Wakaf-ACT pada Sabtu (23/10/2021) lalu.


Rupaya ketika dihitung, usaha warung kelontong yang mereka jalani belum dapat menutupi kebutuhan sehari-hari beserta anak-anak. Sehingga Satiyah dan suaminya merambah usaha lain, yakni berjualan sate madura."Alhamdulillah, ternyata jualan satenya maju, lancar," terang Satiyah.

Tetapi ujian nampaknya belum berhenti buat Satiyah. Pandemi kemudian turut mendampak usaha sate yang ia jalani, sebab pembatasan masyarakat yang diterapkan. Tetapi Satiyah tidak patah arang menghadapi cobaan dan terus mengembangkan usahanya.

Saat ini keinginan Satiyah cukup sederhana, yakni membeli sebuah kain panjang untuk menutup lapaknya. “Kalau ada tambahan modal juga saya mau tambah dagangan karena beberapa kali sempat terpakai untuk kebutihan keluarga,” ujar Satiyah.

Keinginan tersebut terwujud melalui program Wakaf UMKM. Dalam program ini, Global Wakaf-ACT menghadirkan bantuan permodalan dan pendampingan usaha untuk Satiyah, sehingga diharapkan usaha Satiyah dapat terus bertahan dan berkembang di masa sulit ini.

Selain untukSatiyah, Global Wakaf-ACT kini terus mengikhtiarkan dukungan untuk UMKM lain yang terdampak di masa pandemi ini melalui program ini. Sehingga diharapkan kemanfaatan program ini untuk mendukung UMKM dapat terus meluas. []