Berwakaf Tak Akan Pernah Merugi

Sejak membangun usahanya, Andika telah berkomitmen menyalurkan sebagian penghasilan perusahaan untuk diwakafkan. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk rasa syukur dan menghadirkan Allah dalam setiap proses usaha. Dan, dengan berwakaf tak akan merugi karena kita mengembalikan apa yang sudah Allah berikan.

Andika Tri Saputra saat ACTNews temui di pesantren yang ia kolola, Kamis (3/12). Andika sendiri merupakan salah satu pengusaha yang mewakafkan sebagian hasil usahanya melalui Global Wakaf. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, BOGOR – Sudah bertahun-tahun lamanya, bahkan sejak duduk di bangku kuliah, Andika Tri Saputra memulai bisnisnya. Pengusaha yang tinggal di Kabupaten Bogor ini secara tekun membangun bisnis. Berbagai jenis usaha dijalani alumnus Institut Pertanian Bogor ini. Dalam membangun bisnis itu, Andika mencoba menghadirkan Allah dalam setiap prosesnya.

Salah satu cara menghadirkan Allah dalam setiap usahanya itu Andika lakukan dengan berwakaf. Pendapatan perusahaan Andika yang bergerak di bidang periklanan pun pernah diwakafkan. Sekitar tahun 2018, perusahaan digital yang Andika dirikan terdaftar sebagai salah satu perusahaan yang mewakafkan penghasilan ke Global Wakaf-ACT.

“Semangat kami dalam membangun bisnis yang bisa berdampak pada umat sebenarnya tidak lepas juga dari peran Pak Ahyudin (Ketua Dewan Pembina ACT). Beberapa tahun lalu, kami dipertemukan dan mendapatkan semangat untuk bisa sukses, padahal usia kami masih tergolong muda saat itu,” kenang Andika saat ditemui tim ACTNews di pesantren yang ia rintis di wilayah Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Kamis (3/12).

Ketika berkomitmen untuk mewakafkan sebagian penghasilan perusahaannya, Andika tak pernah memikirkan rasa ruginya. Hal tersebut karena, bagi Andika, berwakaf tak mengurangi pendapatan, karena dengan berwakaf sama dengan mengembalikan apa yang Allah berikan kepada dirinya dan dampak dari wakaf itu akan bermanfaat bagi lebih banyak orang lagi. Apalagi, wakaf yang disalurkan melalui Global Wakaf akan digunakan pada sektor-sektor produktif guna meluaskan kebaikan.

“Wakaf tak melulu tentang pemakaman, sekolah atau tempat ibadah, tapi juga banyak sektor produktif yang berjalan oleh dana wakaf,” tambah Andika.

Kini, Andika bersama rekan-rekannya tengah mengembangkan pesantren yang harapannya bisa mencetak generasi pengusaha dari kalangan Islam. Berbagai fasilitas coba dipenuhi oleh pihak pesantren agar santri bisa fokus dalam belajar. Sekolah yang tidak memungut biaya pendidikan ini pun berjalan salah satunya dari dukungan wakaf. []