Bingkisan Kurban Bahagiakan Warga Kelurahan Kota Karang

Memasuki hari tasyrik ketiga, Global Qurban - ACT masih bersemangat membagikan daging kurban kepada mereka yang membutuhkan, salah satunya warga Kelurahan Kota Karang di Bandar Lampung

Bingkisan Kurban Bahagiakan Warga Kelurahan Kota Karang' photo

ACTNews, BANDAR LAMPUNG – Hari tasyrik ketiga tidak mengendurkan semangat tim Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk terus menyalurkan daging kurban yang diamanahkan oleh para dermawan. Paket-paket daging kurban ini membawa secercah kebahagiaan kepada para penerima manfaat yang kebanyakan hidup dalam kesulitan ekonomi.

Pada Rabu (14/8), Global Qurban – ACT Lampung masih terus mendistribusikan sejumlah paket daging kurban untuk mereka yang berhak menerimanya. Kali ini, paket-paket daging kambing menjangkau para penerima manfaat di Kelurahan Kota Karang serta Kecamatan Panjang di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Sekitar pukul sembilan pagi, puluhan kilogram daging kambing yang telah disembelih dan dipotong-potong sebelumnya dimasukkan ke dalam beberapa wadah. Menariknya, wadah yang digunakan untuk membungkus daging kambing segar tersebut terbuat dari anyaman bambu atau besek. Tak lama kemudian, besek berisi daging kambing ini dibawa ke kedua daerah yang berbatasan langsung dengan Pantai Teluk Lampung ini.

Menjelang tengah hari, setelah melalui gang-gang sempit, tim Global Qurban – ACT Lampung sampai ke sebuah permukiman di Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung. Kedatangan tim Global Qurban – ACT telah disambut oleh beberapa orang warga lokal. Dengan penuh sukacita, mereka menerima tumpukan besek yang dibawa oleh tim Global Qurban – ACT Lampung.


Siti Jumiah, relawan Global Qurban – ACT Lampung, memaparkan bahwa penduduk di wilayah ini sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Selain itu, ada juga yang bekerja sebagai buruh lepas, tukang cuci pakaian, maupun tenaga penyortir di sebuah fasilitas pengolahan ikan asin.

Kebahagiaan terpancar di wajah warga sekitar yang menerima daging kurban siang itu. Nawiyah (57), salah satu warga yang menerima daging kurban, mengaku sangat bersyukur atas pemberian daging kurban dari Global Qurban-ACT. “Apalagi sekarang saya sudah tidak punya suami. Sehari-hari saya mengasuh cucu, dan bergantung pada pemberian anak saya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tutur Nawiyah.

Sakam, salah seorang penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan, juga mengaku senang telah mendapatkan bingkisan daging kurban dari Global Qurban – ACT Lampung. “Anak saya banyak, cucu saya juga banyak,” ujarnya.


Arief Rakhman dari Tim Program Global Qurban – ACT Lampung memaparkan, pendistribusian hewan kurban menyasar para penerima manfaat yang lemah secara ekonomi. “Segmentasi distribusi kita menyasar fakir miskin, kaum duafa, dan anak yatim. Itu yang paling utama. Kami juga menyasar masyarakat setempat,” kata Arief.

Arief menambahkan bahwa selain distribusi daging kurban, terdapat program-program lainnya yang sebelumnya telah diadakan ACT Lampung untuk warga kelurahan Kota Karang. Sejumlah program bantuan tersebut antara lain pembagian paket pangan, pembagian takjil, serta distribusi zakat dan perlengkapan sekolah. []

Bagikan