BMKG Sebut Gempa Susulan Mungkin Terjadi di Papua

BMKG mengatakan Papua Barat bagian utara masuk dalam kategori daerah dengan zona aktif gempa. Sehingga ada kemungkinan gempa bumi susulan terjadi.

Gempa papua
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5 mengguncang Papua Kamis (26/8/2021) malam. (BMKG)

ACTNews, PAPUA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sebut ada kemungkinan gempa susulan terjadi di Papua. Sebelumnya pada Kamis (26/8/2021) malam wilayah Jayapura, Papua diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5.0.

“Gempa dirasakan di Kota Jayapura selama kurang lebih tiga detik. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," kata Kepala BPBD Kota Jayapura Bernard Lamia dalam keterangan yang diterima ACTNews, Jumat (27/8/2021).

Dalam situs resmi BMKG, gempa bumi terjadi pada pukul 19.54 WIB. Titik koordinat gempa 2,13 Lintang Selatan-140,49 Bujur Timur atau 51 km arah barat laut dari Jayapura pada kedalaman 10 km.

Sementara, BMKG mengatakan Papua Barat bagian utara masuk dalam kategori daerah dengan zona aktif gempa. "Kita harus selalu waspada karena gempa kuat kapan saja bisa terjadi di zona sumber gempa aktif, yang tentu bisa sebabkan kerusakan parah," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.[]