BMKG: Tiga Hari Kedepan, Indonesia Alami Cuaca Ekstrem

Sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Peringatan dini cuaca yang dipaparkan BMKG berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 31 Agustus - 02 September 2021.

Hujan Deras
Tangkapan layar, potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah Indonesia. (BMKG)

ACTNews, JAKARTA Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia. Sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Peringatan dini cuaca yang dipaparkan BMKG berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 31 Agustus-02 September 2021.

Adapun wilayah yang  berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di sejumlah wilayah di Sumatra, meliputi Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, dan Lampung. Untuk wilayah Kalimantan meliputi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

"Hujan lebat juga kan terjadi di wilayah Jawa Barat, Banten, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Papua," tulis Deputi Badan Meteorologi BMKG di laman resminya, Selasa (31/8/2021).

Wilayah yang berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang akan terjadi di Sumatra Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat. Sementara untuk wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami angin kencang hanya wilayah Nusa Tenggara Timur.

BMKG juga menyebutkan adanya indikasi kemungkinan banjir di sejumlah wilayah yang mengalami hujan lebat. Waspada potensi hujan disertai angin kencang juga akan terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat pada siang dan sore hari ini.[]