Buah Sinergi Kebaikan Hadir di OKU Timur

Mendampingi masyarakat dengan berbagai program terus ACT ikhtiarkan. Kali ini, dengan terget 100 Sumur Wakaf serta Lumbung Beras Wakaf bakal dihadirkan.

act sumatra selatan
Foto bersama tim ACT saat meresmikan Sumur Wakaf Pesantren di OKU Timur. (ACTNews)

ACTNews, OGAN KOMERING ULU TIMUR – Berbagai ikhtiar dilakukan Global Wakaf-ACT untuk memenuhi kebutuhan santri dan warga prasejahtera, termasuk dalam urusan pemenuhan air. Salah satunya dengan pembangunan Sumur Wakaf di berbagai daerah. Aksi ini telah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu di banyak titik dengan hasil air yang dimanfaatkan oleh banyak orang.

Wilayah Sumatra Selatan misalnya, daerah ini menjadi salah satu titik di mana sumur buah kedermawanan masyarakat dibagung, bahkan lengkap dengan fasilitas sanitasinya. Hingga Agustus, total 43 titik Sumur Wakaf telah terbangun di Sumsel. Lokasi sumur berada di daerah yang memang sulit air serta belum terjangkau fasilitas PDAM.

“Sekarang kami tengah bersiap membangun Sumur Wakaf untuk pesantren di daerah Ogan Komering Ulu Timur. Khususnya yang memang krisis air dan jangkauan dari layanan PDAM belum sampai,” jelas Aditya Marsello dari tim Program ACT Sumatra Selatan akhir Agustus lalu.

Bupati OKU Timur Lanosin mengatakan, pembangunan Sumur Wakaf yang dilakukan Global Wakaf-ACT mampu memberikan manfaat bagi santri dan warga sekitar sumur untuk kebutuhan air sehari-hari.

Saya dan warga di sini berterima kasih atas kehadiran Global Wakaf-ACT di OKU Timur. Insyaallah sumur tersebut membawa manfaat bagi warga,” ungkapnya.

Selama ini, salah satu lokasi di OKU Timur tempat Sumur Wakaf dibangun, mengandalkan sungai sebagai tempat memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Hal itu membuat sumber air bersih sendiri serta fasilitas kebersihan menjadi mendesak.

“Semoga program yang dihadirkan berjalan baik dan menjadi motivasi bagi dermawan lain untuk menghadirkan yang terbaik untuk masyarakat,” harap Kepala Cabang ACT Sumatra Selatan Diwidia Sulit Pale.

Ke depannya, Bupati OKU Timur bersama ACT Sumatra Selatan menargetkan bakal merealisasikan pembangunan 100 Sumur Wakaf di pesantren, masjid hingga desa dan lahan pertanian, sehingga kebutuhan air bersih di OKU Timur terpenuhi. Selain itu, juga tengah direncanakan hadirnya Lumbung Beras Wakaf sebagai daerah penghasil pangan untuk masyarakat prasejahtera nantinya.[]