Butuh Pangan? Layanan Bebas Pulsa Humanity Care Line Siap Bantu

Di tengah pandemi yang terus meluas dan masih tinggi kasus barunya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali meluncurkan layanan Humanity Care Line. Melalui program ini, masyarakat bisa mendapatkan pangan gratis melalui panggilan bebas pulsa di nomor 0800-1-165-228.

Tim ACT menunjukkan Beras Wakaf yang bakal didistribusikan oleh Humanity Rider melalui program Humanity Care Line. Program ini merupakan layanan pangan gratis berbasis telepon bebas pulsa. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Pandemi Covid-19 belum juga usai, hampir satu tahun lamanya, masyarakat dikepung virus mematikan ini. Dampak yang dirasakan tak semata kesehatan, akan tetapi lebih besar dan luas ke berbagai sektor. Yang paling jelas terlihat ialah perekonomian, yang turut mempengaruhi kemampuan masyarakat memenuhi kebutuhannya, khususnya pangan. Terlebih, menjelang pertengahan Januari ini wilayah Jawa-Bali kembali diterapkan pembatasan sosial berskala besar yang lebih ketat, sehingga kegiatan ekonomi masyarakat tak sedikit yang terancam terhambat.

Berangkat dari kondisi inilah Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Senin (11/1/2021), kembali mengaktivasi layanan antar pangan gratis berbasis telepon bebas pulsa, Humanity Care Line. Dengan adanya program ini, memungkinkan masyarakat prasejahtera mendapatkan pangan berupa 3 kilogram Beras Wakaf, serta 5 botol Air Minum Wakaf secara gratis tanpa harus keluar rumah dan tanpa mengeluarkan biaya.

“Layanan Humanity Care Line ini tetap bebas pulsa, masyarakat prasejahtera bisa menghubungi nomor yang tersedia hingga mendapatkan paket pangan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Akan ada 20 hingga 50 line telepon bebas pulsa yang akan melayani masyarakat untuk mengurangi penumpukan panggilan,” jelas Pungki Martha Kusuma, Koordinator Program Humanity Care Line saat ditemui di sela-sela peluncuran kembali program tersebut di Wakaf Distribution Center, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Nomor layanan bebas pulsa tersebut dapat masyarakat hubungi di nomor 0800-1-165-228 setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB. Nantinya relawan Humanity Care Line akan mengangkat panggilan masyarakatyang membutuhkan dan akan meneruskannya ke tim distribusi.

“Distribusi akan dilakukan oleh Humanity Bikers. Untuk tahap sekarang, area distribusi baru wilayah Jabodetabek. Ke depannya, kami berharap bisa meluaskan layanan kebaikan ini ke berbagai daerah, tentunya atas dukungan masyarakat,” tambah Pungki.

Dukungan dermawan

Paket pangan gratis dari layanan bebas pulsa Humanity Care Line ini tak lepas dari peran serta masyarakat dermawan. Beras dan air minum yang didistribusikan merupakan produk kebaikan dari pengelolaan wakaf di sektor produktif. Seperti Beras Wakaf yang dihasilkan dari Lumbung Beras Wakaf yang pendanaannya berasal dari wakaf masyarakat. Begitu juga Air Minum Wakaf yang diproduksi di Lumbung Air Wakaf yang juga hadir karena wujud nyata dukungan dermawan.

“Dana wakaf yang disalurkan melalui Global Wakaf akan selalu utuh nilai pokoknya, dan dimanfaatkan untuk sektor produktif. Sehingga wakaf tak lagi sebatas harta diam, melainkan bisa melahirkan kebaikan-kebaikan lainnya,” ungkap Pungki yang juga tim dari Global Wakaf-ACT.

Untuk program Humanity Care Line ini, selain masyarakat bisa mendapatkan paket pangan secara gratis, ACT juga membuka kesempatan untuk berderma ke sesama. Dukungan sedekah terbaik masyarakat ini yang nantinya akan terus melahirkan kebaikan baru dan meluaskan manfaat Humanity Care Line untuk masyarakat prasejahtera di berbagai daerah. Sedekah terbaik dapat disalurkan melalui laman resmi Indonesia Dermawan.[]