Cegah Banjir, Tim Tanggap Darurat ACT Bersihkan Kali Angke

Kali Angke merupakan aliran sungai yang kerap meluap saat hujan deras dan merendam permukiman sekitar.

bersihkan kali angke
Tim Tanggap Darurat ACT melakukan upaya pencegahan banjir dengan membersihkan Kali Angke pada Kamis (18/11/2021). (ACTNews)

ACTNews, TANGERANG SELATAN -- Tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan bersih-bersih Kali Angke pada Kamis (18/11/2021). Aksi ini dalam rangka penanggulangan bersama atasi banjir.

Regional ACT Banten, Rizky Rahadi mengungkapkan, Tim Tanggap Darurat sudah bersiap sejak pukul 07.00 WIB. Tim dilengkapi peralatan penyelamatan seperti rompi pelampung dan pelindung.

“Kami menyusuri aliran kali, memungut sampah yang ditemukan, terutama sampah plastik. Satu persatu sampah kami angkut ke dalam perahu karet. Untuk sampah yang berukuran besar, seperti ranting pohon, sementara diletakkan di bantaran kali,” ujarnya saat dihubungi Jumat (19/11/2021).

Rizky melanjutkan, tak jarang dalam proses pembersihan, tim berjibaku menyelam untuk mengambil tumpukkan sampah di dasar kali. Saat ditemukan, sampah di dasar kali jumlahnya sangat banyak.

Aksi giat bersih-bersih Kali Angke menghabiskan waktu kurang lebih sembilan jam. Aksi ini menjadi salah satu langkah pencegahan banjir karena luapan air sungai. Rizky berharap, aksi ini bukan sekedar musiman. Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai sebagai upaya jangka panjang mencegah banjir.[]