Cegah Pandemi, ACT dan CIMB Niaga Syariah Hadirkan Wastafel Portabel

ACT Sulawesi Selatan bersama CIMB Niaga Syariah mendistribusikan sejumlah wastafel portabel di beberapa titik di Kota Makassar. Bantuan diharapkan masyarakat dapat menjaga terus kebersihan di tengah pandemi yang masih merebak.

Cegah Pandemi, ACT dan CIMB Niaga Syariah Hadirkan Wastafel Portabel' photo
Salah satu pengurus masjid menerima bantuan wastafel portabel dari ACT dan CIMB Niaga Syariah. (ACTNews)

ACTNews, MAKASSAR – Tercatat sekitar 7.300 kasus terpapar virus corona di Sulawesi Selatan sampai Selasa (14/7) kemarin yang dilaporkan oleh Dinas Kesehatan setempat. Pemerintah pun semakin memperketat protokol kesehatan di berbagai tempat umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat, salah satunya tempat peribadatan.

Besarnya angka penyebaran juga membuat banyak kalangan semakin sadar akan pentingnya menjaga pola hidup bersih. Berbagai kegiatan digencarkan yang berhubungan dengan kebersihan demi menjaga kesehatan diri.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjadi salah satu lembaga kemanusiaan yang mengambil peran dalam menangani pencegahan virus corona. ACT bersama bank CIMB Niaga Syariah menyediakan sebanyak empat wastafel portabel.  

Pendistribusian bantuan wastafel portabel dilakukan pada Jumat (17/7) ke beberapa tempat peribadatan di kota Makassar. Tempat-tempat tersebut yakni Masjid Istiqamah, Masjid Rahmatul Ilham, Masjid As'said, dan Masjid Nurudda'wa.


Wastafel portabel ini terpasang lengkap dengan langkah-langkah yang tepat dalam mencuci tangan yang baik dan benar melalui air bersih yang mengalir. Selain itu, kelebihan dari wastafel ini memiliki fungsi dengan toren tanpa kran, namun dilengkapi dengan pedal untuk mengeluarkan air maupun sabun cuci tangan. Sehingga masyarakat yang akan menggunakannya tidak perlu lagi menyentuh keran seperti wastafel yang biasa kita gunakan seperti biasanya.

“Tentu dengan adanya wastafel portabel ini dapat mempermudah dan seminimal mungkin masyarakat tidak perlu lagi menyentuh keran sebelum dan setelah mencuci tangan. Seperti diketahui secara umum, bahwa menyentuh keran sebelum dan setelah mencuci tangan berpotensi menempelkan kuman pada keran yang bisa berpindah pada pencuci tangan berikutnya,” kata Andi Syurganda Haruna dari tim Program ACT Sulawesi Selatan.

Pemasangan wastafel portabel hanyalah satu dari sekian ikhtiar yang terus berjalan dari ACT Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Berbagai macam program lainnya seperti Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI) atau Operasi Pangan Gratis juga masih berjalan. Andi berharap para dermawan dapat terus mendukung berjalannya program-program mereka dalam membantu warga terdampak Covid-19.

“Karena walaupun sudah memasuki normal baru, tetapi keadaan belum sepenuhnya pulih. Oleh karenanya kami terus berharap para dermawan untuk mendukung langkah kami agar program-program ini dapat berjalan untuk membantu masyarakat di masa transisi ini,” harap Andi. []


Bagikan