Central Kitchen Jaga Kualitas Daging Kurban Sebelum Didistribusikan

Setelah disembelih di RPH Dharma Jaya Jakarta Timur, aktivitas pencacahan dan pengepakan daging kurban Global Qurban – ACT berlangsung di Central Kitchen ACT. Daging disimpan di ruang pendingin berkapasitas 5 ton dengan suhu -20 derajat Celsius sebelum didistribusikan ke masyarakat.

Central Kitchen Jaga Kualitas Daging Kurban Sebelum Didistribusikan' photo
Relawan di Central Kitchen Aksi Cepat Tanggap mengepak daging kurban, Jumat (31/7). (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Dalam pendistribusian daging kurban yang masif di Jabodetabek, Global Qurban - ACT berupaya menjaga kualitas daging kurban tetap baik hingga diterima penerima manfaat. Salah satunya dengan memanfaatkan Central Kitchen ACT yang digunakan untuk pencacahan dan pengemasan daging secara higienis hingga pendinginan.

Pada hari raya Iduladha 2020, Jumat (31/7), puluhan hewan yang telah disembelih di RPH Dharma Jaya Jakarta Timur segera dibawa ke Central Kitchen atau dapur terpusat ACT di Megamendung, Jawa Barat.

Di dapur terpusat, daging kurban selanjutnya dicacah dan dikemas dengan ukuran 1,5 kilogram per kemasan. Daging pun disimpan di ruangan pendingin sebelum sorenya didistribusikan kepada penerima manfaat di Kabupaten Bogor. Penanggung Jawab Central Kitchen – ACT Chef Joni Kusumahadi menerangkan, satu ruang pendingin dapur terpusat dapat menampung hingga lima ton bahan makanan. Di dapur terpusat terdapat dua ruang pendingin dengan pengaturan suhu -20 derajat Celsius.


Daging kurban yang disimpan di ruang pendingin Central Kitchen berkapasitas lima ton dengan suhu -20 derajat celsius. (ACTNews/Gina Mardani)

“Sembari menunggu semua pengepakan selesai, daging yang sudah dikemas kita simpan di dalam freezer sebelum didistribusikan ke penerima manfaat sore nanti,” jelas Joni. Koki Humanity Food Truck itu juga menerangkan, pembekuan akan menjaga kualitas daging dan membuat daging tetap segar walaupun didistribusikan tiga jam setelah penyembelihan.

Selepas dari dapur terpusat, kualitas daging pun tetap dijaga saat diantar ke titik distribusi. Jumat (31/7) sebuah mobil pendingin membawa ratusan pak daging ke titik distribusi di Kantor ACT Bogor di Bogor Utara, Kota Bogor.

Dalam proses pendistribusian kurban di Jabodetabek, Global Qurban bekerja sama dengan layanan Humanity Care Line oleh ACT. Pungki Martha Kusuma selaku Head of Humanity Care Line yang bertanggung jawab untuk operasional distribusi Global Qurban menerangkan, pembagian daging kurban hari itu ditujukan untuk masyarakat di Kota Bogor. “Para penerima manfaat adalah masyarakat prasejahtera yang sebelumnya menelepon ke Humanity Care Line ACT. Untuk hari pertama, kita mulai dari wilayah Bogor yang berdekatan dengan Central Kitchen,” kata Pungki.

Pungki juga menjelaskan, penyembelihan kurban di hari berikutnya juga akan dilakukan di RPH Dharma Jaya, hanya titik pendistribusiannya berbeda, misal untuk wilayah Tangerang, Tangerang Selatan, dan Jakarta Selatan titik pendistribusiannya di Kantor ACT Tangerang Raya di Ciputat. Hingga hari tasyrik ketiga, Iduladha 2020 ini Global Qurban - ACT menarget 100.000 penerima manfaat daging kurban di wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, Sukorini selaku Manajer Global Qurban - ACT menyampaikan, masyarakat yang ingin menunaikan kurban di Global Qurban akan dilayani hingga hari tasyrik kedua. "Insyaallah kurban dari para sahabat dermawan akan didistribusikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Sukorini. []


Bagikan