Chef Joni, Koki Humanity Food Truck yang Wakafkan Perusahaannya

Pertengahan Februari ini, Joni Kusumahadi mewujudkan impiannya untuk bisa menebarkan kebaikan lewat perusahaannya. Rabu (19/2) kemarin, secara resmi koki Humanity Food Truck ini menyerahkan sebagian besar saham perusahaannya untuk diwakafkan melalui Global Wakaf.

Chef Joni, Koki Humanity Food Truck yang Wakafkan Perusahaannya' photo
Joni Kusumahadi saat berada di karosesi New Armada, Magelang akhir Januari 2020 lalu. Sebagai koki, Joni memantau langsung proses perakitan Humanity Food Truck dan melakukan uji coba langsung. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA Nama Joni Kusumahadi sudah terkenal di kalangan relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang pernah terlibat dalam aksi kemanusiaan, khususnya kegiatan Humanity Food Truck. Kendaraan besar berdapur itu digawangi Joni sebagai kokinya. Nyaris di semua bencana besar di Indonesia, Joni hadir bersama Humanity Food Truck. Melakukan kegiatan sosial dengan menghadirkan makanan siap santap dengan kualitas rasa hotel bintang lima.

Selain menjadi penjaga gawang kualitas hidangan Humanity Food Truck, Joni juga merupakan seorang wisausaha ulung, khususnya di bidang kuliner. Ia memimpin dan mengelola PT Makmur Bahagia Sejati, yang memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang logistik hingga katering di Indonesia dan Arab Saudi. Usahanya ini tak hanya sekadar mencari profit, tapi juga bergerak di bidang sosial.

“Untuk sekarang, PT Makmur Bahagi Sejati punya empat anak perusahaan, dan ini akan terus bertambah, tujuannya tak hanya mencari keuntungan, tapi juga akan menyebarkan kebaikan. Itu yang saya cita-citakan,” ungkap Joni, Rabu (19/2).


Joni saat menjelaskan tentang perusahaan yang diwakafkannya melalui GLobal Wakaf-ACT, Rabu (19/2). Sebagaian besar perusahaan miliknya diwakafkan dengan tujuan kebaikan untuk sesama. (ACTNews/Eko Ramdani)

Kebaikan lewat usaha yang Joni lakukan sekarang ialah mewakafkan saham perusahannya, bahkan nilainya melebihi separuh. Pada Rabu (19/2), acara serah terima wakaf digelar di Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan penyerahan saham perusahaan milik Joni untuk dikelola Global Wakaf-ACT.

Selain mewakafkan sebagian besar saham perusahaannya, sebelumnya Joni juga telah meluangkan waktunya untuk kegiatan kemanusiaan bersama ACT. Bersama Humanity Food Truck, Joni telah menghidangkan ribuan porsi makanan siap santap bagi para penyintas gempa di Lombok dan Palu. Beberapa waktu lalu Joni juga telah menyelesaikan perjalanan panjang lintas Sumatra untuk memberikan makanan terbaik dari truk berdapur ACT kepada warga prasejahtera dan warga yang ditimpa musibah.

Kini, koki yang masa remajanya dihabiskan untuk mengikuti berbagai ajang balap motor itu berharap, dengan mewakafkan sebagian besar saham perusahaannya, ia dapat menyebarkan manfaat kebaikan yang telah ia cita-citakan. “Semoga semakin luas kebaikan ini lewat wakaf,” harapnya.[]