Daging Kurban Bahagiakan Masyarakat Tepian Negeri di Siak

Sasaran distribusi Global Qurban mengutamakan wilayah yang terpencil dan daerah-daerah yang tidak memiliki pekurban sehingga warganya menikmati daging kurban, salah satunya Desa Teluk Lanus di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

Warga Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, bekerja sama dengan relawan Global Qurban - ACT mencacah daging kurban. (ACTNews)

ACTNews, SIAK Tahun ini salah satu amanah kurban diantarkan Global Qurban - ACT Riau ke Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Wilayah tersebut ditempuh dengan waktu perjalanan hingga 10 jam dari Kota Pekabaru.

Hampir seratus kepala keluarga berdiam di sana. Koordinator Distribusi Global Qurban - ACT Riau Mahbub menerangkan, Desa Teluk Lanus merupakan wilayah tepian negeri yang jauh dari ibu kota. “Untuk menjangkaunya pun memerlukan waktu tempuh yang cukup lama. Hal ini kita lakukan sebab ada amanah kurban dermawan yang harus kita tunaikan di wilayah tepian negeri,” kata Mahbub, usai distribusi hewan kurban, Sabtu (1/8).

Sekretaris Desa Teluk Lanus Riadi mewakili warga desa pun menyampaikan terima kasih kepada Global Qurban - ACT Riau yang telah memetakan desanya ke wialyah distribusi kurban. Ia mengaku, warga desanya termasuk kategori masyarakat yang jarang mengonsumsi daging.

"Kami sangat senang. Tahun-tahun sebelumnya pun kami tak ada pemotongan hewan kurban, semoga qurban selanjutnya bisa di desa kami lagi,” kata Riadi. Selain di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, kurban juga dilakukan di Kecamatan Peranap, Indragiri Hulu, dan Kelurahan Agrowisata di Kota Pekanbaru. []