Daging Kurban Bahagiakan Warga Prasejahtera di Perbatasan Nepal

Kegembiraan terpancar di wajah puluhan umat muslim di Gorkha, salah satu wilayah prasejahtera di Nepal. Warga Gorkha jarang sekali mengonsumsi daging, bahkan di momen Iduladha.

Kilas Balik Kurban
Warga di Gorkha, Nepal, menerima daging kurban pada Iduladha 1440 Hijriah. (ACTNews)

ACTNews, NEPAL –Berkah daging kurban Global Qurban-ACT pada praktiknya telah mendistribusi ke seluruh pelosok Indonesia sampai ke 50 negara di dunia. Salah satu negara yang menjadi pendaratan hewan kurban para dermawan Indonesia yakni Gorkha, Nepal. 

Berdasarkan data yang diperoleh, lebih dari enam juta jiwa warga Nepal hidup dibawah garis kemiskinan. Pada tahun 2019 bertepat pada Hari Raya Iduladha, tim Global Qurban–ACT melakukan silaturahmi melalui kurban dengan sejumlah masyarakat muslim di Gorkha Nepal. Tim melakukan perjalanan selama satu hari menyusuri daerah perbatasan yang ditinggali warga prasejahtera.

"Ini merupakan ikhtiar Global Qurban-ACT untuk mendistribusikan hewan kurban hingga ke pelosok negeri, bahkan hampir 50 negara di dunia," jelas Muhammad Iqbal dari Tim Program Global Qurban-ACT Kaltim dilansir Detik.com, pada Kamis (1/6/2021).


Dengan adanya penyelenggaraan tersebut, penerima manfaat di Nepal menyampaikan rasa terimakasih atas distribusi daging kurban yang mereka dapat. Mereka juga berharap mendapat bantuan material, sebab kondisi tempat tinggal, rumah ibadah dan sekolah dalam kondisi buruk.

Kegembiraan pun terpancar dari puluhan umat muslim lain di Gorkha, Nepal. Daging kurban yang mereka dapat sedikit menambah harapan hidup warga prasejahtera. Keadaan di Gorkha memang belum sejahtera, banyak masyarakat di desa-desa muslim yang jarang merasakan daging di kala merayakan Iduladha.

Seorang guru di Nepal yang juga penerima manfaat, Nijamudin (36) mengutarakan harapan. Sebagai guru, ia prihatin dengan keadaan sekolah di desanya. "Semoga kalian (dermawan Indonesia) dapat membantu sekolah-sekolah kami," kata Nijamudin, tanpa lupa menyertakan sederet doa untuk para pequrban Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 2020, tim dari ACT kembali melakukan penyembelian hewan kurban di Nepal. Jumlah hewan ternak yang dikurbankan sebanyak 2 ekor sapi yang merupakan hasil dari kumpulan para dermawan Indonesia. Berdasarkan data yang diterima, total penerima manfaat daging kurban di Nepal adalah warga prasejahtera, yang tercatat sebanyak 300 jiwa. Jumlah yang cukup banyak dan daging kurban tersalurkan secara merata.