Daging Kurban Hadir di Wilayah Rawan Banjir Samarinda

Daging kurban menyapa penduduk di tepi bendungan Lempake itu, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Kehadiran Global Qurban - ACT disambut baik oleh warga. Mereka amat kompak, mulai dari penyembelihan, pengulitan, pencacahan, dan pendistribusian daging dilakukan secara gotong royong.

Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda bergotong royong mengolah daging kurban. (ACTNews)

ACTNews, SAMARINDA – Pada Iduladha 1441 Hijriah Global Qurban - ACT turut menyapa titik rawan bencana di Kalimantan Timur. Salah satunya di Muang Dalam, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda yang sangat sering diterpa banjir jika intensitas curah hujan tinggi. 

Daging kurban menyapa penduduk di tepi bendungan Lempake itu, Ahad (2/8). Kehadiran Global Qurban - ACT disambut baik oleh warga. Mereka amat kompak, mulai dari penyembelihan, pengulitan, pencacahan dan pendistribusian daging dilakukan secara gotong royong.

“Rasanya kemarin kami sudah pasrah tidak akan dapat daging karena memang belum ada yang mampu berkurban apalagi kondisi kita lagi pandemi,” cerita Dani, salah satu warga RT 31 Lempake yang menerima daging kurban.


Warga Kelurahan Lempake penerima daging kurban. (ACTNews)

Muhammad Iqbal dari Tim Program Global Qurban - ACT Kalimantan Timur menjelaskan, wilayah Kelurahan Lempake menjadi tujuan Global Qurban - ACT karena keadaan sosial ekonomi warga. “Kondisi rumah warga pun dapat dikatakan begitu sederhana, masih berdindingkan kayu atau tripleks. Menjelang Iduladha tahun ini, wilayah ini belum ada yang mampu berkurban ditambah kondisi ekonomi warga yang terpuruk karena pandemi,” jelasnya Global Qurban - ACT Kaltim pun menghadirkan hewan kurban sapi untuk disembelih dan didistribusikan kepada ratusan warga Kelurahan Lempake.

Selain itu, kata Iqbal, mengingat letak geografis Samarinda yang berada sama rendah dengan permukaan air Sungai Mahakam membuat sejumlah wilayah memang sangat berpeluang banjir, baik dari bendungan Lempake maupun sungai akibat hujan deras.

Jazakumullah khair para pekurban yang telah mempercayakan Global Qurban - ACT dalam menunaikan kurban sahabat. Usai kurban ini, kami berharap kolaborasi kita tidak berhenti, tetapi tetap membersamai saudara yang membutuhkan,” ajak Iqbal.[]