Daging Kurban Sapa Warga Lok Baintan, Hadirkan Harapan Pascabencana Banjir

Ratusan paket daging kurban didistribusikan kepada warga di Lok Baintan, Kabupaten Banjar. Daerah ini juga merupakan salah satu yang terdampak pada banjir Kalimantan Selatan awal tahun 2021 ini.

kurban kalimantan selatan
Serah terima daging kurban kepada salah satu penerima manfaat program Sahabat Dai Indonesia, di Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar. (ACTNews)

ACTNews, BANJARMASIN – Pada momentum Idul Adha 1442 H, Global Qurban-ACT Kalimantan Selatan (Kalsel) menyapa warga Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Berkolaborasi dengan PT PLN (Persero) UIW Kalselteng, Global Qurban-ACT melaksanakan distribusi daging kurban di desa yang menjadi ikonik wisata lokal di Kalsel ini, pada Selasa (22/7/2021) dan Rabu (23/7/2021) lalu.

Ratih Ayu dari Tim Program ACT Kalsel menyebut, tercatat ada ratusan paket daging kurban yang dikemas dalam bentuk kemasan boks, untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat. Sasarannya adalah warga berusia lanjut, janda, dan penerima manfaat Sahabat Dai Indonesia di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan.


“Tentunya masyarakat yang menjadi penerima manfaat sangat berterima kasih dan bahagia telah menerima distribusi daging kurban. Untuk distribusi daging kurban di desa ini, ada ratusan warga yang mendapatkan manfaat,” kata Ratih.

Desa Lok Baintan sendiri, merupakan salah satu desa terdampak bencana banjir di Kalsel pada awal tahun 2021 lalu. Kendati sudah berlalu, nyatanya aktivitas warga setempat masih belum pulih. Di desa ini sendiri, selain menjadi pedagang pasar terapung, warga juga kebanyakan beraktivitas sebagai petani.


Daging qurban yang diserahkan oleh PLN kepada tim ACT Kalsel, sebelum didistribusikan ke penerima manfaat di Desa Lok Baintan. (ACTNews/Sheila)

Terkait kolaborasi dengan PT PLN (Persero) UIW Kalselteng, Partnership ACT Kalsel M. Ridha Wardhana menyambutnya dengan baik. Pasalnya, dengan adanya kolaborasi bersama dengan ACT Kalsel terlebih pada momentum kurban, semakin banyak warga yang merasakan manfaat dan keberkahan kurban.

“Alhamdulillah kolaborasi antara ACT Kalsel dan PT PLN terus terjalin. Apalagi pada momentum kurban yang tentunya menjadi kesempatan terbaik untuk berbagi kepada sesama. Dengan kolaborasi ini, warga Desa Lok Baintan yang merupakan penyintas bencana juga dapat merasakan manfaat kurban,” ucap Ridha. []