Daging Kurban Semarakkan Perayaan Iduladha Masyarakat Calang

Daging kurban membawa kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Calang. Gotong royong pun tercermin kala warga menyembelih belasan ekor sapi kurban.

Relawan sedang membersihkan daging sapi dari kulit pada Iduladha 1440 H di Pesantren Al Anshar, Calang, Aceh Jaya. (ACTNews/Akbar)

ACTNews, ACEH JAYA – Siapa mengira kalau Calang, Ibu Kota Kabupaten Aceh Jaya, itu terdampak dahsyat gempa dan tsunami 2004 lalu. Tidak lagi duka terlihat di kecamatan yang hampir kehilangan separuh penduduknya itu. Kini jalan-jalan beraspal mulus bisa mengantarkan pelancong dari Kota Banda Aceh ke Calang hanya dalam waktu 2,5 jam. Pesisir yang langsung menghadap samudera hindia pun turut menyertai perjalanan selama menuju ke sana.

Kota kecamatan di balik Gunung Gerutee itu adalah salah satu lokasi distribusi kurban Global Qurban - ACT tahun lalu. Belasan ekor sapi disembelih untuk santri Dayah Al Anshar dan warga Desa Lhok Geleumpang, Kecamatan Setia Bakti. Di desa ini pula, lahan wakaf serai wangi Global Wakaf – ACT berada.

Kepala Cabang ACT Aceh Husaini Ismail yang turut hadir kala penyembelihan hewan kurban di Desa Lhok Geleumpang menejelaskan, Calang menjadi salah satu daerah yang diperhatikan Global Qurban - ACT Aceh. Wilayah ini terus melakukan perbaikan setelah habis dihantam gelombang tsunami dan gempa 2004 lalu.


Warga Desa Lhok Geleumpang menerima daging kurban pada Iduladha 2019. (ACTNews/Akbar)

Begitu pun Dayah Al Anshar, pesantren yang sebagian besar santrinya berasal dari keluarga prasejahtera ini pun masuk menjadi sekolah binaan ACT. “Daging kurban kali ini dibagikan untuk para santri dan warga yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Mudah-mudahan daging kurban ini mebuat mereka semakin bergembira di Hari raya Iduladha,” kata Husaini lebaran Iduladha 2019 lalu.

Data Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh 2015-2018 menunjukkan, masyarakat Aceh Jaya rata-rata mengeluarkan Rp12.199 per bulan untuk keperluan membeli daging. Angka tersebut menjadi paling kecil dibanding pengeluaran untuk lauk-pauk yang lain, seperti ikan dan telur ayam. Harga daging sapi menjelang hari raya di Calang biasanya mencapai Rp160 ribu - Rp170 ribu per kilogram pada 2019.

Tahun lalu, pendistribusian hewan kurban tak hanya menjangkau masyarakat Calang di Kabupaten Aceh Jaya, namun juga ke 12 kota dan kabupaten lainnya. Mereka antara lain Banda Aceh, Bireun, Aceh Utara, Tamiang, Pidie, Pidie Jaya Langsa, Lhokseumawe, Aceh Besar,  Aceh Timur, Meulaboh, dan Simeulu.

Husaini berharap, penyembelihan kurban tahun 2020 ini bisa lebih banyak dibandingkan tahun lalu. “Tahun lalu berkat dukungan berbagai pihak, Global Qurban - ACT bisa menyembelih lebih 1.000 ekor hewan kurban setara kambing di Aceh, melebihi target. Mudah-mudahan tahun ini Allah izinkan target 1.000 ekor setara kambing tercapai, tentunya juga dengan dukungan para dermawan,” harap Husaini.[]