Daging Kurban untuk Asupan Gizi Warga Kampung Rantau

Global Qurban-ACT Kepri menyalurkan daging kurbannya ke Kampung Rantau. Dengan mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai pengumpul sampah, daging menjadi makanan yang cukup jarang disantap bersama-sama keluarga.

Daging Kurban untuk Asupan Gizi Warga Kampung  Rantau' photo

ACTNews, BATAM - Warga Kepulauan Riau tak ketinggalan merasakan nikmatnya daging kurban. Senin (12/8), Global Qurban-ACT Kepulauan Riau  menyapa masyarakat Kampung Rantau, Kota Batam. Tim membawa ratusan paket daging kurban untuk 300 penduduk di sana. Kampung Rantau merupakan kampung yang berada di wilayah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur di Kota Batam.

Kampung Rantau juga pernah memiliki kasus gizi buruk yang menimpa warganya. Hal ini ditemukan ketika tim Mobile Social Rescue-ACT Kepri pernah menemukan kasus balita penderita gizi buruk yang berujung fatal pada Mei lalu. Melihat kondisi ini, tahun ini Global Qurban-ACT Kepri menyalurkan daging kurbannya ke Kampung Rantau. Dengan mayoritas masyarakatnya  bekerja sebagai pengumpul sampah, daging menjadi makanan yang cukup jarang disantap bersama-sama keluarga.

Kebersamaan warga dalam menyelenggarakan penyembelihan hingga pendistribusian hewan kurban begitu nampak. “Masyarakat di sini memang kekeluargaannya cukup baik. Di hari-hari biasanya, mereka selalu menaruh perhatian kepada beberapa janda tua yang ada di Kampung Rantau ini,” ungkap Tarmizi, tokoh masyarakat Kampung Rantau.


Daging selesai dicacah pukul 14.00 WIB. Saat itu juga, tim relawan dibantu masyarakat Kampung Rantau langsung menyalurkan daging kurban untuk masyarakat sekitar. Warga begitu bersyukur  tatkala relawan Global Qurban-ACT membagikan daging kurban untuk masyarakat setempat. 

Siti, janda lansia yang hidup sebatang kara di Kampung Rantau, berterima kasih kepada para dermawan. “Alhamdulillah, terima kasih banyak dermawan. Kali ini bisa makan daging lagi,” ungkap Siti.

Selain menyasar lokasi terdampak gizi buruk di Kampung Rantau, Kota Batam, pendistribusian hewan kurban di Kepulauan Riau juga menjangkau wilayah prasejahtera di Kabupaten Anambas. []

Bagikan