Dakwah Syekh Dari Timur Tengah Terus Sapa Berbagai Wilayah Indonesia

Selain berdakwah, dalam kesempatan tersebut para syekh juga menjelaskan kondisi terkini mengenai Palestina.

syekh palestina act
Para jemaah antusias menyambut Syekh Sameh dari Palestina yang berdakwah di Kota Cimahi. (ACTNews)

Safari kemanusiaan syekh-syekh asal Timur Tengah bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), terus berlanjut di berbagai daerah. Salah satunya di Mojokerto dan Cimahi, di mana para syekh ini berdakwah dan memberi semangat untuk beribadah kepada saudara-saudara muslim di Indonesia dalam melewati Ramadan pada tahun ini. Selain itu, para syekh juga membawa berita-berita terbaru mengenai kondisi Palestina kepada para jemaah.

Safari dakwah di Mojokerto dibawakan oleh Prof. Dr. Khaled Saad Muhammed dari Mesir. Syekh Khaled berdakwah di dua lokasi yakni di Ma'had Tahfidz Raudhatul Qur'an dan Masjid Al Ukhuwwah yang berlokasi di Perumahan Puri Permata Indah, Tambakagung, Puri, Mojokerto. Puluhan jemaah berartisipasi dalam acara safari dakwah pada Selasa (19/4/2022) ini.

Safari dakwah bersama Syekh Khaled kali ini dengan topik ‘Memuliakan Palestina dan Al Qur'an di Bulan Suci Ramadhan’. Dalam kajian tersebut, Syekh Khaled menyebut bahwa Al-Qur’an itu menunjukkan jalan yang benar dan sebagai obat. Selain itu, Syekh Khaled juga mengajak masyarakat muslim di Indonesia untuk memuliakan Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam, sekaligus mengingatkan bahwa Masjidil Aqsa sebagai bagian dari tiga masjid suci umat Islam.

Dedi Mulyana, Lc, yang bertugas sebagai mutarjih dari Syekh Khaled mengapresiasi jalannya safari dakwah ini. Menurutnya selain sebagai ikhtiar membantu Palestina, melalui safari dakwah ini masyarakat Indonesia juga bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai kondisi di sana.


Safari dakwah di Mojokerto dibawakan oleh Prof. Dr. Khaled Saad Muhammed dari Mesir. (ACTNews)

“Selain itu juga, aura dan keilmuan syekh dapat mengundang respons yang luar biasa dari masyarakat. Sehingga safari dakwah ACT ini, insyaallah banyak melahirkan kebaikan,” ungkap Dedi.

Sementara di Cimahi, safari dakwah juga berlangsung pada Jumat (15/4/2022) hingga Selasa (19/4/2022) lalu. Bertajuk ‘Keutamaan Tanah Palestina’, acara ini dimaksudkan agar masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di wilayah Cimahi dan Bandung Barat, bisa lebih paham terhadap kondisi terkini Palestina dan juga warga di sana yang saat ini masih dijajah oleh Israel.


Safari dakwah yang dibawa Syekh Sameh dari Palestina ini, sempat menyapa sejumlah masjid di Cimahi dan Bandung Barat. “Saat hari terakhir, seharusnya jadwal berakhir pada waktu tarawih di Masjid al Jabal Nur Al Islamiyah Kota Cimahi. Tetapi sempat digantikan oleh Syekh Mohammed Atef Hamed Abu Seedo, dikarenakan Syekh Sameh harus segera kembali ke Gaza sebab kondisi Gaza yang sedang diserang dan dikhawatirkan akan penutupan pintu masuk menuju wilayah Gaza,” kata Kepala Cabang ACT Cimahi Sopian.

Selain mengisi materi kajian bertema Palestina, gelaran ini juga mengadakan penggalangan dana untuk warga Palestina yang saat ini sedang mengalami serangan dari tentara Israel selama bulan Ramadan ini. “Syekh Sameh juga menyampaikan salam terima kasih dari masyarakat Palestina untuk saudara di Indonesia, yang selama ini selalu memberikan mereka dukungan, bantuan doa, dan juga donasi yang sudah terimplementasi menjadi bantuan,” ujar Sopian. []