Dapur Ramadhan HA IPB dan ACT Bagikan Ratusan Makan Setiap Hari

Melalui Dapur Ramadhan ACT Kalimantan Selatan, Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) membagikan ratusan paket makanan dibagikan setiap harinya untuk warga terdampak Covid-19. Produksi dan pendistribusian makanan juga dibantu masyarakat setempat.

Para warga sedang bergotong-royong memasak di Dapur Ramadhan. (ACTNews)

ACTNews, BANJARMASIN – Dapur Ramadhan yang merupakan hasil kolaborasi Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) dan ACT Kalimantan Selatan, menghadirkan ratusan paket makanan siap santap. Program ini menyasar masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Banjarmasin.

“Dapur Ramadhan yang berlokasi di Kelurahan Kelayan Selatan dan Kelayan Dalam, saat ini kita fokuskan untuk melayani masyarakat yang memang kesulitan akibat pandemi ini. Terutama di bulan Ramadan seperti sekarang. Oleh karenanya selama bulan puasa ini ini, Dapur Ramadhan kita operasikan setiap hari," ujar Retno Sulisetiyani Koordinator Program ACT Kalimantan Selatan, Rabu (20/5) lalu. 

Ayu, salah satu warga, berterima kasih karena dirinya mendapatkan berkah dari Dapur Ramadhan. Hadirnya bantuan ini membuat dirinya tidak perlu lagi membeli makanan untuk buka puasa. “Semoga dapur Ramadhan ini diberikan keberkahan dan dapat membantu kami yang terdampak dari Covid-19 ini,” kata Ayu.

Masyarakat juga antusias mendukung berjalannya Dapur Ramadhan. Menurut Retno, sinergi institusi dan komunitas di Dapur Ramadhan ini, dapat memudahkan masyarakat yang terdampak Covid-19 dalam berbuka puasa dan dalam menjalankan ibadah puasa.

“Pengolahan makanan kita dibantu relawan dan para warga. Kemudian, dalam pendistribusiannya dibantu oleh RT setempat. Sehingga, kita semakin mudah dan cepat untuk menjangkau penerima manfaat,” tuturnya.

Untuk itu Retno juga mengajak para dermawan sekalian untuk ikut berkontribusi dalam program-program ACT Kalimantan Selatan. Dengan kontribusi masyarakat yang semakin banyak, ia berharap penerima manfaat yang mereka jangkau juga akan semakin meluas.

“Tentu kita berharap adanya dukungan dari para dermawan sekalian. Dengan bantuan para dermawan, program-program yang kami jalankan dapat lebih banyak lagi menjangkau para penerima manfaat yang membutuhkan,” jelas Retno. []