Dapur Umum ACT Suplai Makan Warga Terdampak Banjir Bengkulu

Banjir yang menerjang Bengkulu membawa dampak besa pada warga. Mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Merespons kondisi ini, ACT membuka dapur umum untuk menyupai makan mereka.

banjir bengkulu
Dapur Umum ACT yang didukung oleh MRI Bengkulu untuk membantu warga terdampak banjir. (ACTNews)

ACTNews, BENGKULU – Menjelang akhir Oktober, banjir menerjang Bengkulu. Bencana ini begitu berdampak pada kehidupan masyarakat. Berbagai aktivitas terhambat karena banyak tempat terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi.

Merespons becana di Bengkulu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bergegas membuka dapur umum untuk menyuplai kebutuhan makanan siap santap. Pasalnya, kebutuhan ini paling mendesak untuk dipenuhi karena warga kesulitan untuk memasak makanan sendiri.

Dapur Umum ACT berdiri di Perumahan Ejuka Bentiring Permai, sedangkan Posko Induk Kemanusiaan di Kantor ACT Cabang Bengkulu. Deagita Randa Putra dari tim Program ACT Bengkulu berharap, bantuan awal ini mampu meringankan kondisi penyintas bencana.

“Untuk saat ini kami merespons dengan pemenuhan bantuan mendesak, khususnya pangan, serta evakuasi. Nantinya, bantuan lain akan menyusul seiring dengan membaiknya keadaan,” jelas Randa, Rabu (21/10/2021).

Perlu diketahui, banjir menerjang beberapa titik di Bengkulu setelah diguyur hujan pada Senin (18/10/2021) malam. Berdasarkan pemantauan, Perumahan Kopri dan Perumahan Ejuka menjadi titik yang cukup parah rendaman banjirnya, bahkan sampai ada yang menyentuh atap rumah warga. Dampak bencana ini, warga terdampak banyak yang memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman.[]