Dapur Umum di Tanah Bumbu Siapkan 900 Porsi Makanan per Hari

Hidangan siap santap menjadi kebutuhan mendesak bagi warga terdampak banjir di Tanah Bumbu saat ini. Dapur Umum Bersama setiap harinya menyediakan 900 porsi makanan siap santap untuk mereka yang terdampak bencana.

Dapur Umum di Tanah Bumbu Siapkan 900 Porsi Makanan per Hari' photo
Dapur Umum Bersama untuk masyarakat terdampak banjir di Tanah Bumbu.

ACTNews, TANAH BUMBU Hingga Senin (22/6) sore, banjir masih merendam wilayah Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Dampaknya cukup buruk bagi warga setempat. Selain tempat tinggal mereka yang harus terendam, warga juga sulit untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Untuk itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia, Darul Amin, Relawan Tarmiji, serta Masyarakat Peduli Bencana merespons dengan mendirikan dapur umum.

Dapur Umum Bersama ini berdiri di Jalan Karya Bersama, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui. Tiap harinya ada 900 porsi makanan siap santap yang disajikan. Relawan dan warga setempat bergotong royong menyiapkan kebutuhan yang paling mendesak ini.

“Setelah makanan matang, ratusan porsi makanan segera didistribusikan ke warga. Setiap hari, relawan gabungan akan menyediakan 900 porsi bagi warga terdampak banjir,” jelas Koordinator Program ACT Kalsel Retno Sulisetiyani, Senin (22/6). Dibantu relawan, makanan terdistribusi ke warga terdampak banjir.

Di Satui, banjir merendam tiga desa. Di Sungai Danau, sebanyak 16 RT dengan 1.481 keluarga terdampak, Desa Sinar Bulan 68 keluarga terdampak, sedangkan Satui Timur ada 130 keluarga yang harus merasakan rendaman banjir ini. Hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama memancing adanya bencana.

Kini, selain makanan siap santap, warga terdampak masih memerlukan bantuan lain yang cukup mendesak. Obat-obatan serta selimut yang sekarang perlu dipenuhi.

Perlu diketahui, sejumlah permukiman warga di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, terendam banjir setelah beberapa hari hujan deras mengguyur kabupaten di borneo selatan itu. Relawan Tanggap Darurat ACT Kalimantan Selatan Indra Gunawan melaporkan, intensitas hujan sempat membuat sejumlah kawasan terendam dengan ketinggian air mulai dari lutut sampai ke pinggang orang dewasa. “Sejumlah wilayah yang terdampak yaitu Desa Satui Timur, daerah Angkasa Sungai Danau, dan Teluk Lahung Sinar Bulan,” jelas Indra, Ahad (21/6).[]


Bagikan