Dapur Umum Indonesia Redakan Lapar Warga Prasejahtera di Gaza

Dapur umum dari Sahabat Dermawan di Indonesia membagikan makanan untuk seribu warga Gaza di Beit Lahia dan Beit Hanoun. Para penerima berasal dari keluarga prasejahtera yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

dapur umum indonesia
Anak-anak prasejatera di Gaza menerima paket makanan dari dapur umum Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, GAZA — Dapur Umum Indonesia kembali hadir untuk membagikan makanan siap saji kepada warga Palestina di Gaza pada Agustus 2021. Makanan ini dibagikan untuk warga prasejahtera di Beit Lahia dan Beit Hanoun di Gaza Utara. Sekitar seribu warga Gaza menjadi penerima manfaat dalam aksi distribusi bantuan makanan ini. Mereka berasal dari keluarga prasejahtera yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response (GHR)-Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengatakan selain makanan pokok, porsi makanan ini juga dilengkapi dengan buah, yogurt, dan jus dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan makanan bernutrisi tinggi.

“Anak-anak Gaza sangat bahagia ketika mendapat makanan ini. Banyak dari mereka seorang yatim. Atau bagi yang memiliki orang tua, rata-rata orang tua mereka sudah tidak bekerja. Sehingga keluarga mereka sudah tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Termasuk untuk membeli makanan,” ujar Said, Senin (16/8/2021). 

Lebih lanjut, Said menuturkan bahwa bantuan ini juga merupakan upaya untuk memulihkan kondisi warga Gaza pasca serangan Israel Mei lalu. Selain menyebabkan ratusan warga Palestina tewas, serangan tersebut membuat perekonomian warga Gaza tumbang. Pabrik industri makanan dan pertokoan hancur, serta banyak warga yang kehilangan pekerjaannya.

“Serangan juga berdampak pada kehilangan harta benda mereka. Menurunkan kemampuan masyarakat Palestina memenuhi kebutuhan pangan. Sebab itu, bantuan Sahabat Dermawan ACT wujudkan, salah satunya, dalam bentuk bantuan pangan,” jelas Said.

Said juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terus dapat memberikan bantuan terbaiknya, agar warga Palestina dapat terus mendapatkan makanan yang layak di bulan-bulan berikutnya. Dengan bantuan terbaik masyarakat Indonesia, diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan kondisi di Palestina.[]