Dari Al-Aqsa, Indonesia Dapat Ucapan Selamat Memperingati Hari Kemerdekaan

Perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia juga terasa hingga Al-Aqsa, Palestina. Warga Palestina di sana turut memberikan ucapan selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke 76.

hari kemerdekaan indonesia
Anak-anak Palestina di Al-Aqsa mengucapkan selamat hari kemerdekaan untuk masyarakat Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, YERUSALEM — Peringatan hari kemerdekaan Indonesia tidak hanya dimeriahkan oleh masyarakat di tanah air. Lebih dari 8.000 kilo meter, di Palestina, tepat 17 Agustus 2021 ucapan selamat kemerdekaan dsampaikan oleh warga Palestina di Al-Aqsa. Dari anak-anak hingga orang dewasa, mereka membawa papan dengan berbagai tulisan ucapan kemerdekaan.

One love, one spirit. Happy Independence Day Indonesia, tulis warga Palestina di Al-Aqsa di papan yang ia pegang. Happy Independence day, My Indonesia Brothers and Sister, tertulis di papan lainnya.

Sementara itu, ucapan juga datang dari Direktur Masjid Al-Aqsa, Syeikh Omar Qeswany. Ia menyebut Indonesia dan Palestina memang memiliki hubungan khusus. Palestina menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan bangsa Indonesia. Selain itu, Indonesia juga menentang saat Israel mengklaim Yerusalem sebagai ibu kotanya.

"Dari halaman Masjid Al-Aqsa, kami mengucapkan selamat hari kemerdekaan untuk Indonesia. Kami turut berdoa kepada Allah SWT agar Indonesia selalu dipenuhi dengan kebaikan Islam. Kami memberikan rasa hormat kami untuk masyarakat dan pemerintah Indonesia. Semoga kalian dipenuhi kebaikan setiap tahunnya," ujar Syeikh Omar, Selasa (17/8 /2021).

Secara de facto, Palestina menjadi negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara yang merdeka. Tepatnya setahun sebelum kemerdekaan RI, yakni pada 6 September 1944. Pengakuan ini disebarluaskan ke seluruh dunia Islam oleh seorang mufti besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini.

Pengakuan itu ia sampaikan lewat siaran radio berbahasa Arab selama dua hari berturut-turut dari Berlin, Jerman. Setelah itu, dukungan dan pengakuan kemerdekaan Indonesia mulai datang dari negara Islam lainnya. Setelah Palestina, berlanjut ucapan dari Mesir, Suriah, Irak, Lebanon, Yaman, dan Afghanistan.[]