Dari Sidrap, Konvoi Truk Bantuan Pangan Bergerak ke Palu

Dari Sidrap, Konvoi Truk Bantuan Pangan Bergerak ke Palu

ACTNews, SIDENRENG RAPPANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberangkatkan ribuan ton beras dan sembako dari Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, Rabu (3/10). Bantuan pangan tersebut diangkut oleh 10 truk menuju Palu, setelah sebelumnya dikemas pada Selasa, (2/10).

Puluhan truk bantuan pangan ini bergegas menuju Palu, melewati rute Mamuju. Waktu tempuh perjalanan diperkirakan mencapai sekitar 24 jam. Hal ini disampaikan oleh Badan selaku Persiapan Bantuan Pangan di Sidrap.

“Truk kita akan jalan lewat Mamuju ke Palu, sekitar sehari. Paling lama 2 hari perjalanan. Mohon doanya semoga lancar,” ujar Badan.

Badan menambahkan, konvoi truk bantuan ini mendapatkan pengawalan dari aparat setempat. Hal ini untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan selama di jalan.

“Kabarnya perjalanan dari Mamuju menuju Palu ada risiko penjarahan, apalagi katanya yang menjarah itu bukan pengungsi. Jadi konvoi truk dikawal dari Mamuju ke Palu, sehingga bantuan bisa didistribusikan ke pengungsi yang membutuhkan,” imbuh Badan.

Sesampainya di Palu, truk akan menurunkan bantuan pangan di posko kemanusiaan ACT. Dari posko inilah nantinya beras dan sembako yang ada langsung didistribusikan ke korban gempa dan tsunami yang masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Berkesempatan mengantar langsung bantuan pangan ke Palu, Asrudin mengaku bangga. Supir truk yang biasa mengantar logistik lintas provinsi di Sulawesi ini sangat bersyukur bisa turut membantu warga Palu dan Donggala.

“Saya bersyukur bisa ikut mengantarkan bantuan ini. Beberapa waktu lalu saya pernah berdoa kepada Allah, semoga bisa ke Palu untuk bantu-bantu korban di sana. Alhamdulillah Allah bukakan jalan. Saya bisa antarkan bantuan ini ke Palu, bahagia lah,” ungkap Asrudin.


Ia juga mendoakan yang terbaik bagi warga di Palu dan Donggala. “Kita sama-sama saudara. Kalau jauh, minimal kita bantu dengan doa agar saudara-saudara kita diberi ketabahan. Mungkin ada dari kita yang tidak bisa ke sana, tapi kita bisa bantu dengan doa,” pungkas Asrudin.

Konvoi truk ribuan ton beras dan sembako dari Kabupaten Sidrap mengawali rangkaian pemberian bantuan kemanusiaan dari luar Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam waktu dekat, ACT juga akan mengirimkan bantuan pangan dan logistik dari berbagai wilayah di Indonesia melalui program Kapal Kemanusiaan. []