Datang Lagi! Tiga Ambulans Baru, Dukung Layanan Kesehatan Warga Gaza

Unit ambulans dermawan yang beroperasi di Gaza, kembali bertambah. Total, kini ada 18 ambulans pemberian masyarakat Indonesia untuk mendukung layanan kesehatan.

ambulans indonesia di palestina
Unit ambulans baru yang akan beroperasi di Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Guna mendukung pelayanan kesehatan warga Palestina di Gaza, ACT bersama para dermawan selalu hadir dalam berbagai program yang mampu mengoptimalkan sektor kesehatan di sana. Pada Februari ini, ACT menambah 3 unit ambulans yang akan beroperasi di Gaza.

Ketiga ambulans ini merupakan pemberian masyarakat di tiga wilayah di Indonesia, yakni Sumatera Barat, Bengkulu, dan Labuhan Batu. Dengan bertambahnya ketiga ambulans ini, maka secara kumulatif ada 18 ambulans masyarakat Indonesia yang beroperasi di Gaza.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, ambulans-ambulans ini akan beroperasi 18 jam per hari, dan mampu melayani 35 pasien tiap harinya. Wilayah persebaran aksi tiap ambulans juga akan disebar dalam tiap kegubernuran di Gaza.

"Insyaallah, warga Gaza yang membutuhkan layanan ambulans bisa menggunakan unit dari kami. Layanan ini sepenuhnya gratis. Dalam satu bulan, sedikitnya tiap ambulans mampu menjangkau seribu penerima manfaat," ujar Firdaus, Selasa (15/2/2022).

Pelayanan, termasuk ambulans, merupakan salah satu kebutuhan darurat di Gaza yang juga mengalami krisis layanan kesehatan. Kemiskinan di Gaza membuat mayoritas masyarakatnya tidak mampu berobat ke rumah sakit, apalagi menyewa ambulans. Hal ini juga berbanding lurus dengan minimnya jumlah unit ambulans yang tersedia di Gaza.

Selain pengadaan ambulans, program bantuan di bidang kehutanan dari ACT termasuk aktivasi 5 Indonesia Medical Clinic (IMC) di Gaza. DI klinik-klinik yang tersebar di berbagai wilayah Gaza tersebut, para pasien akan mendapatkan perawatan luka dan penyakit, serta diberi obat secara gratis.[]