Demi Aksi Kemanusiaan, Ardian Jual Popcorn untuk Temukan ‘Berlian’

Relawan MRI-ACT Ardian kerap kali menemukan masyarakat yang membutuhkan bantuan yang jarang mendapat perhatian.

Masyarakat Relawan Indonesia
Relawan MRI-ACT Ardian (kanan) saat mengunjungi salah satu lansia bernama Mbah Kayatun di Kabupaten Semarang. (ACTnews)

ACTNews, SALATIGA – Ardian Kurniawan Santoso dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT Salatiga sering kali menjadi pelopor aksi kemanusiaan. Pengalaman dalam berbagai aksi sudah tidak diragukan lagi. Ia kerap kali menemukan masyarakat yang membutuhkan bantuan di daerah yang jarang mendapat perhatian.

Kisahnya menarik untuk diceritakan, dibalik perjuangannya membantu masyarakat yang membutuhkan, ia lebih dulu mencari uang tambahan dengan cara berjualan. Uang yang terkumpul, ia gunakan sebagai amunisi untuk menebar kebaikan di pelosok negeri.

“Ini saya baru pulang dari Demak. Pulang ke rumah, saya berjualan popcorn, untuk amunisi, ngumpulin duitnya dulu buat bisa pergi lagi dan jalan ke pelosok bantu orang yang membutuhkan,” katanya.

Hasil uang yang ia kumpulkan dari hasil jerih payahnya, ia simpan untuk keperluan saat perjalanan. Lebih tepatnya perjalanan mencari duafa. Kalau kata Adrian ‘berlian bagiku’.

Setiap kali Ardian temukan orang yang membutuhkan bantuan, ia menolong dengan apa yang ia miliki lebih dulu. Kemudian memanfaatkan ribuan followers di media sosial yang ia miliki, untuk memperoleh simpati dari netizen. Tak sedikit dari mereka yang mengirimi pesan, dan kerap kali dititipkan donasi.

Aksi kemanusiaan Ardian juga tak lepas dari peran Aksi Cepat Tanggap. Melalui ACT ia terjun menjadi seorang relawan yang kini punya segudang pengalaman. Ribuan pelajaran mungkin ia ambil untuk mengasah jiwa sosialnya. Hingga kini Ardian selalu berikhtiar untuk membersamai umat.[]