Derma Warga Indonesia Terus Mengalir untuk Saudara Mancanegara

Pekan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menyampaikan amanah kemanusiaan kepada saudara di berbagai belahan dunia. Di antaranya yaitu Palestina, Suriah, Yaman, dan Somalia. Bantuan hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari pengadaan ambulans baru, paket pangan, sumur wakaf, hingga disiapkannya Lumbung Ternak Wakaf untuk menyambut kurban.

bantuan kemanusiaan act
Ilustrasi. ACT kembali menyampaikan amanah kemanusiaan kepada saudara di berbagai belahan dunia. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Derma antara masyarakat Indonesia dan saudara di berbagai belahan dunia terus terjalin melalui bantuan kemanusiaan. Pada pekan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menyampaikan amanah kemanusiaan kepada saudara di Palestina, Suriah, Yaman, dan Somalia.

Dukungan Sahabat Dermawan di Palestina, terwujud dalam pengadaan ambulans baru di Gaza. Pekan ini, sudah ada sembilan ambulans baru yang siap  dan menemani dua unit ambulans yang telah lama beroperasi sebelumnya di Gaza. Jumlah ini pun diproyeksikan terus bertambah sepanjang tahun 2021.

Sementara di Suriah, pengungsi di Kota Idlib turut merasakan bantuan kemanusiaan dari ACT. Bantuan pertama hadir dalam program Sumur Wakaf. Pembangunan sumur menjadi solusi atas krisis air bersih yang telah lama membelenggu para pengungsi. Air dari Sumur Wakaf digunakan para pengungsi untuk minum, mandi, ibadah, hingga mengairi sawah mereka.

Bantuan kedua hadir dalam bentuk paket pangan. ACT mendistribusikan paket pangan untuk 2.500 pengungsi di wilayah Jarabulus. Di mana mayoritas pengungsi di sana adalah anak-anak yatim. Tidak hanya paket pangan, para anak yatim juga sangat senang ketika mendapat paket bingkisan dari tim ACT.

Selain itu, dalam menyambut hari raya Iduladha yang kian dekat, Lumbung Ternak Wakaf juga telah disiapkan di beberapa negara, yaitu Yaman, Somalia, dan Palestina. "Hewan kurban dari mulai kambing, sapi, hingga unta, dikumpulkan di Lumbung Ternak Wakaf untuk disembelih saat hari raya kurban tiba," ujar Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT, Sabtu (10/7/2021).

Nantinya, daging kurban kualitas terbaik akan didistribusikan untuk keluarga-keluarga prasejahtera di berbagai negara. Di mana negara-negara tersebut tengah mengalami krisis pangan yang parah karena berbagai faktor. Dari mulai konflik hingga perubahan iklim.

"Lewat program Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam, derma masyarakat Indonesia tidak hanya dialokasikan ke dalam negeri. Tetapi juga mampu terbang jauh untuk membantu saudara-saudara kita di berbagai belahan dunia. Insyaallah jika bantuan kalian bisa terus mengalir, aksi unjuk pekan-pekan berikutnya bisa terlaksana," ajak Firdaus. []