Dermawan Indonesia Tebarkan Kebahagiaan Idulfitri di Tanah Palestina

Senyum semringah nampak jelas di wajah anak-anak Palestina di Gaza. Idulfitri tahun ini, gempita kebahagiaan tercipta di Gaza usai paket lebaran dan zakat fitrah tersalurkan ke ribuan warga prasejahtera di sana. Anak-anak dapat mainan dan pakaian baru, sementara orang tua mereka mendapat dana untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

idulfitri palestina
Kebahagian anak-anak di Gaza menerima paket lebaran dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Takbir kemenangan telah bergema. Hari raya Idulfitri tengah dirayakan seluruh umat muslim di dunia, tidak terkecuali mereka yang berada di Palestina. Hari itu, 1 Syawal 1443 Hijriah, tawa dan senyum semringah merekah dari wajah anak-anak Palestina. Bukan hanya karena perayaan Idulfitri, namun juga karena pemberian ratusan paket lebaran dari para dermawan di Indonesia.

Paket lebaran tersebut berisi pakaian baru serta mainan untuk anak-anak Palestina. Sedikitnya 200 paket dibagikan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gaza Utara. Para penerima manfaat adalah anak-anak yatim atau berasal dari keluarga miskin.

"Berkat kebaikan para dermawan, anak-anak Palestina dapat berlebaran dengan pakaian baru. Untuk menghibur anak-anak, tim ACT Palestina juga mengundang badut dalam aksi distribusi paket lebaran tersebut. Nampak anak-anak sangat bahagia dengan atraksi-atraksi lucu yang dilakukan badut tersebut," ujar Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Network ACT, Kamis (5/4/2022).

Sementara itu, sehari sebelum Idulfitri tiba, tim ACT juga telah menyalurkan zakat fitrah dari para muzaki di Indonesia ke ribuan mustahik di Gaza. Faradiba menjelaskan, penunaikan zakat ini dilakukan dalam beberapa kali aksi. Di antaranya yaitu di Syekh Radwan, Kota Gaza, dan Om Al-Nasr serta Jabalia di Gaza Utara.

 

Penyaluran zakat fitrah  ke keluarga prasejahtera di Gaza. (ACTNews)

"Insyaallah, dana zakat dari para muzaki bisa dimanfaatkan warga Gaza untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Termasuk kebutuhan untuk lebaran, seperti membeli pakaian baru yang telah diidam-idamkan anak mereka. Secara total, ada 2.165 mustahik di Gaza yang menerima zakat fitrah melalui ACT pada Idulfitri tahun ini," kata Faradiba.

Selain pemberian dana langsung, zakat fitrah dermawan juga ACT salurkan dengan aksi belanja gratis. Di mana warga Palestina diajak tim ACT untuk berbelanja langsung di salah satu swalayan di Kota Gaza secara gratis. Mereka dapat memilih apa saja barang yang ingin mereka beli sesuai kebutuhannya.

"Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dibayarkan setiap muslim di bulan Ramadan.  Bukan hanya kewajiban membayarkan, penyaluran yang baik juga harus diperhatikan agar memberikan dampak positif kepada setiap mustahik yang menerimanya," papar Faradiba. []