Dermawan Jawa Barat Kirimkan Puluhan Ton Bantuan untuk Korban Letusan Semeru

Didukung dermawan Jawa Barat, bantuan untuk penyintas letusan Semeru diberangkatkan dari Bandung. Kepedulian ini merupakan wujud nyata kepedulian terhadap sesama.

act bandung
Armada logistik dari Bandung menuju Semeru. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG Sepekan berlalu sejak letusan Gunung Semeru, 6 ribu lebih warga masih mengungsi di ratusan titik pos pengungsian. Hingga saat ini, Gunung Semeru masih berstatus waspada ditambah dengan banyaknya rumah-rumah yang rusak diterjang awan panas dan abu vulkanik membuat warga terdampak masih bertahan di pengungsian meski kondisi memprihatinkan.

Sebagai bentuk solidaritas untuk korban letusan Semeru, ACT Jawa Barat bersama Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Jawa Barat, JNE Bandung, PWI Jawa Barat, dan MUI Jawa Barat, serta ratusan mitra ACT Bandung Raya berkolaborasi untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Senin (13/12/2021), bantuan kemanusiaan tersebut dilepas dari Sekretariat Jendral Pengurus Pusat Angkatan Muda Siliwangi, Jalan Braga, Nomor 25 B, Bandung menuju Semeru. Menggunakan empat truk logistik, dikawal dua ambulans, 1 kendaraan relawan dan satu kendaraan penyelamatan dan pertolongan, kedermawanan tersebut menuju wilayah terdampak letusan Semeru. Dalam acara tersebut turut dihadiri Renno Mahmoeddin dari tim ACT Jawa Barat, Ketua AMS Pusat Noery Ispandji Firman, Sekum MUI Rafani Akhyar, Perwakilan PWI Jawa Barat, Perwakilan Pemprov, dan Kepala Cabang JNE Bandung Iyus Rustandi.

Dalam sambutannya, Renno mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam aksi kemanusiaan ini. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh relawan Masyarakat Relawan Indonesia-ACT yang terus mengawal kebaikan untuk saudara di Semeru.

“Bantuan ini akan didistribusikan ke penyintas melalui Posko Kemanusiaan yang sudah berdiri di sekitar Semeru. Mudah-mudahan meringankan beban mereka,” ungkap Renno.

Bantuan yang dikirim dari Jabar berupa pakaian baru, kebutuhan bayi dan wanita, alat mandi, air mineral, masker, pangan dan kebutuhan lainnya. Ketua Umum AMS Pusat Noery Ispandji Firman menambahkan,  dengan aksi kebaikan ini, harus menggetarkan Jawa Barat untuk terus peduli terhadap sesama. Kolaborasi AMS dan ACT pun bukan lah yang pertama kali.

Sementara itu, Sekretaris MUI Jabar mengatakan, bantuan ini sangat luar biasa, bentuk pengamalan agama yang nyata. “Insyaallah ini mewakili masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.[]