Desa-Desa di Brebes Kembali Dapat Bantuan Air Bersih

Total 21.000 liter air bersih didistribusikan bagi warga di Desa Buara, Kecamatan Ketanggungan dan Desa Karangbale, Kecamatan Larangan.

Relawan ACT mengisi air bersih ke wadah yang dibawa warga Desa Buara, Kecamatan Ketanggungan, Brebes. (ACTNews/Rojali)

ACTNews, BREBES Musibah kekeringan masih membayangi warga di Desa Karangbale, Kecamatan Larangan dan Desa Buaran, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Warga di dua desa tersebut masih sulit mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan harian. Hujan yang pernah sekali turun pun belum memberikan ketersediaan air yang cukup.

Kondisi tersebut membuat Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal bergerak mendistribusikan air bersih pada Selasa (15/10). Bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Brebes, 7.000 liter didistribusikan untuk 419 jiwa yang tersebar di dua RT di Desa Karangbale.

Esok harinya, Rabu (16/10), 14.000 liter air bersih lanjut didistribusikan di Desa Buara, Kecamatan Ketanggungan. Belasan ribu air bersih ini dinikmati 654 jiwa yang tersebar di lima RT dan dua RW. 

Suryip selaku Kepala Desa Buara menyampaikan terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan ACT. “Desa Buara memang jarang mendapatkan bantuan air bersih mengingat akses jalan menuju desa yang agak sulit dilalui. Sebab itu, saya mengucapkan terima kasih kepada ACT dan teman-teman yang telah memberikan bantuan air bersih untuk Desa Buara,” ungkap Suryip. []